Senin,21 Sept 2015 15:04 WIB

Penulis: bagja otomobil

Ketika VW dan Audi Ketahuan Berbohong!

Foto:

Ketika VW dan Audi Ketahuan Berbohong!


Washington - Soal emisi gas buang mobil, di Amerika sana termasuk ketat. Sampai-sampai beberapa pabrikan sampai harus 'mengakali' produknya agar bisa lolos standar emisi. Tapi, sepandai tupai loncat, bisa jatuh juga.

Seperti yang dialami Volkswagen dan Audi. Kedua merek Jerman tersebut dituding Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA) tidak memenuhi standar gas buang di Amerika.

Diduga, Volkswagen dan Audi sengaja menggunakan software khusus untuk membuat emisi kendaraan terlihat bersih dibandingkan dengan sebenarnya. Dikatakan EPA, software tersebut aktif hanya saat mobil diuji emisinya.

"Efektivitas perangkat pengendalian polusi pada kendaraan ini sangat berbeda dengan situasi mengemudi normal. Hal ini menyebabkan mobil hanya memenuhi standar emisi di laboratorium atau stasiun pengujian. Tapi selama berjalan normal memancarkan nitrogen oksida sampai dengan 40 kali dari keadaan standar," kata EPA.

Model yang terkena masalah ini adalah VW Jetta, Beetle dan Golf dari model tahun 2009 sampai 2015. Selain itu, VW Passat 2014-2015 serta Audi A3 2009-2015. Pemilik mobil-mobil tersebut memang tidak memiliki risiko kesehatan dan mereka dapat terus mengemudikan mobilnya. Namun EPA telah memerintahkan VW menarik dan memperbaiki pelanggaran ini. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top