Selasa,2 Agust 2016 17:15 WIB

Penulis: Bagja

Komponen Lokal Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Harus 100 Persen!

Foto: Bagja

Kolaborasi Tooyta Daihatsu melahirkan Calya-Sigra

Karawang - Salah satu syarat program mobil murah LCGC adalah harus mengusung komponen lokal yang tinggi. Nah, dua MPV murah terbaru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini pun ternyata kandungan komponen lokalnya sudah tinggi, yakni 94 persen.

Tapi itu masih dianggap kurang oleh Kementerian Perindustrian. Langsung diucapkan sang menteri, Airlangga Hartanto, dirinya menekankan pabrikan otomotif di Indonesia untuk mendorong peningkatan komponen lokal.

"Ini sudah bagus ya, katanya mencapai 94 persen. Tapi angka segitu kalau dibulatkan ke bawah kan jadi 90 persen. Coba ditambah 2 persen lagi saja, bisa dibulatkan ke atas jadi 100 persen," ujarnya.

Tantangan? Tentu saja. Astra Daihatsu Motor sendiri, yang memproduksi lokal Calya-Sigra di pabrik Daihatsu di Karawang Jawa barat ini sudah bekerjasama dengan 178 perusahaan komponen tingkat 1 dan 890 perusahaan komponen tingkat 2.

"Total semua pemasok kami ada 254 pemasok tingkat 1 dan 1.270 pemasok tingkat 2, kedepan tentu akan terus ditingkatkan," ujar Sudirman MR, Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor.

EDITOR

Bagja

Top