Jumat,26 Agust 2016 21:00 WIB

Penulis: Haryadi Hidayat

Konsumen Betah Pakai Bus Mercedes-Benz, Ini Sebabnya

Foto: Iday

Ralf Kramer (tengah) dalam press conference Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires (26/8)

Bus Mercedes-Benz bukan hanya nyaman digunakan oleh pengemudi dan penumpangnya. Tetapi juga bikin betah pengusaha yang mengandalkan armadanya dengan bus Jerman ini.

Ternyata selain faktor teknis seperti kenyamanan, keamanan dan ramah lingkungan, ada aspek pelayanan yang dilakukan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

Yakni menjamin spare part genuine yang andal, melakukan kontrak servis, customer on side part stock di mana stok komponen yang dibutuhkan disediakan di gudang perusahaan angkutan bus.

Lalu body builder advisory, yaitu pelayanan panduan untuk membangun sasis menjadi truk atau bus. “Membangun kualitas sambungan yang tinggi antara sasis dan bodi. Jadi bagaimana builder mengerti kualitas kami,” tutur Ralf Kraemer,  Sales, Marketing and Aftersales Managing Director Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dalam press conference Bus Club of Millionaires di Hotel Kempinski, Jakarta (26/8).

Lalu ada layanan customer mechanical training, flying doctor service dan driver trainer. Intinya, semua layanan ini untuk ‘menempel’ perusahaan bus dan truk serta menjadi partner.

Tak heran, jika sales dan aftersales yang jelas-jelas menghadapi konsumen yang sama berada dalam satu bagian yang kini menjadi tanggung jawabnya.

“Kini kami sudah punya Mercedes-Benz Bus Club of Miilionaires, jutawan satu juga kilometer yang bergabung dengan kami (di gala dinner) dengan kami malam ini,” tuturnya.

Bus Club of Millionaires sendiri merupakan salah satu apresiasi MBDI terhadap 17 perusahaan otobus yang menggunakan minimal 50 bus Mercedes-Benz dengan VIN minimal 2005 dan mencapai angka 1 juta kilometer.

Mereka mendapat jamuan gala dinner di Hotel Kempinski malam ini.

 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top