Jumat,16 Okt 2015 09:02 WIB

Penulis: bagja otomobil

Konsumsi BBM Toyota Prius Terbaru Hampir Setara Sepeda Motor

Foto: Toyota

Konsumsi BBM Toyota Prius Terbaru Hampir Setara Sepeda Motor


Frankfurt - Setelah sempat diluncurkan di Frankfurt Motor Show beberapa waktu lalu, spesifikasi lengkap Toyota Prius terbaru belum terungkap secara optimal. Namun kini Toyota sudah membuka informasinya, termasuk konsumsi bahan bakar.

Ini jadi menarik, karena Toyota Prius yang identik dengan mobil irit bahan bakar karena mengusung mesin ganda, mesin bensin dan motor listrik (hybrid) terus disempurnakan, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Paling terbaru, Toyota mengklaim kalau Toyota Prius terbaru konsumsi bahan bakarnya menyentuh jarak 40 kpl, hampir setara dengan sepeda motor semisal Honda PCX 150 atau pun motor-motor dengan kapasitas mesin diatas 150cc.

Hasil itu didapat dari mesin bensin 1.8-liter, VVT-i, empat silinder, yang masih sama, bertenaga 98 dk dan torsinya 142 nm. Namun, layout penempatan motor listrik berubah, dengan membuat lebih pendek dari sebelumnya.

Padahal, model terbarunya ini memiliki dimensi lebih panjang 60 mm, 15 mm lebih lebar dan 20 mm lebih rendah, serta wheelbase 2.700 mm. Namun, rekayasa mesin yang dilakukan Toyota berhasil menjadikannya lebih irit konsumsi bahan bakar, meski bobot diatas kertas jadi lebih berat. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top