Kamis,2 Juni 2016 15:12 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Kramat Motor Night

Kramat Motor Luncurkan DSP Amplifier, Bisa Dikontrol Smartphone

Foto: Sano

PT Kramat Motor meluncurkan DSP Amplifier LVA-4.85

Jakarta - Mendengar nama prosesor, biasanya langsung dikaitkan ke audio profesional. Nah, semua itu akan berubah setelah munculnya produk yang diluncurkan PT Kramat Motor (1/6).

Diberi nama LVA-4.85, power amplifier yang sekalian dibanderol dengan built-in DSP (Digital Sound Processor) ini dijanjikan untuk memudahkan penggunaan prosesor untuk peningkatan kualitas audio di dalam kabin.

"Head unit standar itu kebanyakan sekarang sudah bagus, tidak perlu diganti, jadi konsumen maunya sesuatu yang tidak merubah dan merusak. DSP Amplifier milik kami ini sifatnya hanya meng-upgrade, anggap saja melipat gandakan kemampuan speaker standar," terang Ayong Jeo, President Director PT Kramat Motor.

DSP Kramat
Ukuran kompak cukup diletakkan di bawah jok depan saja

Selain amplifier 4-channel 60 A yang dimilikinya, keunggulan sebenarnya justru ada di cara untuk melakukan pengaturan dari prosesor ini. Bila biasanya memerlukan slot tertentu untuk disambungkan ke laptop, kini cukup koneksikan via Bluetooth saja lewat smartphone bersistem operasi Android atau iOS.

Meski koneksi smartphone jadi keunggulan utama, namun apa yang bisa diatur dari aplikasi MDA400 di Apple AppStore dan Google Play Store tetap jadi pemikat produk ini untuk setiap audiophille.

Mulai dari Equalizer dengan 7 Band yang bisa dipisah untuk pengaturan individual antar speaker depan dan belakang, kemudian Low Pass Filter dan High Pass Filter yang bisa diatur Band Pass Filter-nya di 6 sampai 24 dB sesuai keinginan, lanjut lagi ke Time Allignment untuk mengatur delay-nya suara agar lebih optimal di satu posisi.

Terakhir, ada juga channel control untuk mengubah fase dan gain dari setiap speaker.

Pengaturan Makan
Terdapat banyak pengaturan yang bisa dilakukan via smartphone

DSP dalam amplifier LVA-4.85 ini juga memiliki memori untuk menyimpan hingga 5-preset Favorite 1 sampai 5, sehingga setiap dikoneksikan ke smartphone mana pun, dapat dipilih preset yang sedang ingin dipakai.

Bila itu belum cukup, pengguna selalu dapat menyimpan hasil pengaturannya ke memori smartphone yang bisa dibagikan ke pengguna lainnya.

Sounds good? Kami bahkan belum sampai ke bagian terbaiknya. Lebih murah dari kebanyakan prosesor profesional, produk ini dibanderol hanya Rp 2,5 juta saja dan dapat dipasang hanya dalam waktu 1 jam.

Bentuknya yang kompak pun memastikan boks kecil ini dapat duduk manis di bawah jok tanpa perlu dibuatkan dudukan custom.
 

EDITOR

Bagja

Top