Senin,10 Agust 2015 13:04 WIB

Penulis: bagja otomobil

Kupas Ubahan Baru Mitsubishi All New Triton untuk Indonesia

Foto: Bagja

Kupas Ubahan Baru Mitsubishi All New Triton untuk Indonesia


Jakarta - Meskipun All New Triton merupakan produk global dari Mitsubishi, dan sudah mulai dipasarkan di Thailand dan Australia, tak perlu waktu lama bagi Indonesia untuk menyambut kehadirannya. Lalu apa ubahan yang disodorkan untuk Indonesia?


Pengembangan Eksterior

Tampil lebih modern dengan perubahan total di sisi eksterior. Guratan-guratan tegas menjadikan All New Triton terlihat sporty dan dinamis. Desain J-Line lebih dioptimalkan pada All-New Triton. 

Selain memberi kesan yang lebih sporty dan modern, desain ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu kemampuan manuver lebih baik (turning radius kecil) dengan kabin yang tetap luas, serta posisi duduk penumpang belakang lebih nyaman.

Mitsubishi All New Triton memiliki design yang Aerodinamis sehingga kendaraan dapat dilewati aliran udara dengan baik dan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.


Pengembangan Interior
    
Terdapat tempat penyimpanan yang terletak dibagian jok belakang (Varian Double Cabin). Semua varian All New Triton telah dilengkapi dengan glove box push - open type. Untuk varian Exceed dilengkapi dengan damper sehingga glove box terbuka secara perlahan. 
Center Console juga terdapat di bagian depan transmisi untuk meletakkan barang berukuran kecil. Dapat dibuka sehingga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang lainnya.

Pengembangan Auto Air Conditioner (Exceed & GLS) dan ada fitur ETACS (Electronic Time & Alarm Control System). Misalnya pada Power window timer. Setelah mematikan mesin, power window masih dapat dioperasikan dalam waktu 30 detik, sebelum pintu dibuka.    

Juga Auto door relock system, dalam waktu 30 detik setelah tombol uniock pada keyless entry ditekan dari luar kendaraan, sistem ini akan secara otomatis mengunci kendaraan jika tidak ada pintu yang dibuka.
  
Jika anda lupa mematikan headlamp, maka sistem Headlamp Auto OFF Function akan secara otomatis mematikan headlamp ketika ignition di off dan pintu dibuka. 


Pengembangan Ruang Kargo

Mitsubishi All-New Triton mengalami pengembangan ruang kargo baik sisi panjang maupun tinggi tanpa mengurangi kenyamanan penumpang yang ada di dalam kabin sehingga pengguna dapat mengoptimalkan volume muatan. 

Pada tipe Double Cabin, kargo punya dimensi panjang 1.520 mm, lebih panjang 195 mm dari model sebelumnya. Sedangkan tipe single cabin, dimensi panjang 2.265 mm, lebih panjang 45 mm dari model sebelumnya. Sementara lebarnya, sama-sama 1.470 mm.


Pengembangan suspensi dan struktur bodi lebih kuat

Demi performa maksimal, kehandalan, stabilitas, dan kenyamanan ketika dikendarai, Mitsubishi All New Triton mengalami penyempurnaan pada sistem suspensi, terutama ketika melewati medan offroad.

Menggunakan sistem suspensi Independent Wishbone, Coil Spring, dan Telescopic Shock Absorber.  Suspensi depan mengalami pengembangan diameter stabilizer bar lebih besar dan spring lebih kuat sehingga lebih mudah melewati medan berat dan meredam guncangan.

Suspensi belakang menggunakan Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring, Telescopic Shock Absorber yang lebih kuat menahan beban ketika banyak muatan.

Penguatan rangka ruang mesin dilakukan dengan penyambungan beberapa frame pada bagian depan (ruang mesin) sehingga bodi semakin kuat dan penyaluran gaya yang lebih baik saat terjadi benturan. Kemudian skid plate dipertebal sehingga  memberi perlindungan lebih pada bagian bawah kendaraan saat melewati medan berat.  

Volume rubber pada body mounting bertambah 119 % dari sebelumnya sehingga Lebih tahan terhadap guncangan karena dapat menyerap getaran lebih baik.


Pengembangan Fitur Keamanan

Dual SRS Airbag, rem ABS dan EBD jadi standar untuk tipe Exceed dan GLS. Serta disematkan pula LSPV (Load Sensing Proportioning Valve) untuk varian HDX, sebuah sistem yang bekerja secara mekanikal untuk mengatur efektivitas rem karena adanya perubahan beban. 

LSPV mengoptimalkan kerja rem antara rem depan dengan rem belakang sesuai dengan beban kendaraan sehingga pengereman lebih efektif. Sedangkan Collapsible Steering Column
Sistem memungkinkan steering column terlipat kedalam ketika terjadi benturan.  

Bentuk bumper telah dimodifikasi, menghasilkan performa water screen yang lebih baik dari model sebelumnya: Mengurangi cipratan air di kaca depan, Visibilitas mengemudi lebih baik dan lebih aman ketika melewati genangan air.

Meskipun digunakan sebagai mobil segala medan, bukan berarti kenyamanan kabin yang senyap menjadi terlupakan, karenanya ada pengembangan kekedapan kabin dengan menambah peredam pada lantai, dasbor, damper pada steering shaft, juga dynamic damper.

(mobil.otomotifnet.com)
Top