Kamis,3 Maret 2016 13:45 WIB

Penulis: Bagja

Geneva Motor Show 2016

Lebih Dekat dengan Hypercar Tercepat dan Termewah di Dunia

Foto: Autoexpress

Bugatti Chiron: Quad-turbo, 1,479 dk, 420 kpj, Rp 34 miliar!

Bugatti Chiron: Quad-turbo, 1,479 dk, 420 kpj, Rp 34 miliar!

Geneva - Akhirnya Bugatti memperkenalkan juga monster jalanannya yang diatas kertas diklaim sebagai mobil paling kencang dan paling mewah di dunia. Ini dia Buagtti Chiron, sang penerus ikonik Bugatti Veyron. 

Gelaran Geneva Motor Show 2016 menjadi tempat kemunculan perdananya di dunia. Mobil ini dibanderol mencpai Rp 34 miliaran, sebuah harga untuk menebus predikat sebagai "mobil produksi yang paling kuat, paling cepat, paling mewah dan paling eksklusif di dunia".

Bugatti Chiron
tampak belakang Bugatti Chiron

Bekalan mesinnya sadis, mengusung kapasitas 8.0 liter, dengan konfigurasi silinder W16 dan didukung Quad-turbo. Produksi tenaganya mencapai 1.479 dk dan torsinya 1,600 Nm yang bisa mulai dirasakan sejak putaran mesin 2.000 rpm.

Bugatti Chiron
mesin Bugatti Chiron

Bugatti Chiron punya tenaga mesin mencapai 300 dk lebih besar dari pendahulunya Bugatti Veyron Super Sport. Chiron bisa melesat dari diam ke 100 kpj hanya dengan 2,5 detik! Namun top speed untuk versi jalan raya ini dibatasi hanya sekitar 420 kpj--ya, 420 kpj!

Bugatti Chiron
Menariknya, angka yang tertera di spidometernya bisa mencapai 500 kpj.

Namun khusus untuk memecahkan rekor kecepatan darat di dunia yang selama ini dipegang Bugatti Veyron, maka larinya Chiron akan dibebaskan dari batasan sehingga diharapkan bisa ngebut sampai 464 kpj, agar rekor kecepatan saat ini 424 kpj bisa dipecahkan.

Kenapa Bugatti Chiron bisa jauh lebih kencang? Karena Bugatti sudah melakukan pembesaran dimensi dari keempat turbo yang tersedia, juga menyematkan new two-stage spooling system. Terdapat 6 catalytic conventer yang sangat besar pada knalpot berbahan titanium pada Chiron.

Bugatti juga mengklaim kalau Chiron dibekali kopling dengan performa tertinggi yag pernah dipasang pada mobil penumpang. Kemudian tersedia juga rem Carbon silicon carbide dengan delapan piston untuk sepsang roda depan, kemudian rem angin di belakang.

Bugatti Chiron
Bugatti Chiron menawarkan

Mesin tersebut dipasangkan pada sassis monocoque berbahan serat karbon yang seharusnya jauh lebih ringan dari baja. Sistem suspensi adaptif, serta ban yang dikembangkan khusus untuk Chiron, membuat mobil ini bakal menawarkan "kenikmatan berkendara yang maksimal".

Chiron punya dimensi yang lebih tinggi dan lebih lebar dari Veyron, sehingga tersedia ruang kabin yang lebih luas. Di kokpitnya anda akan menemukan sound system hi-end, wi-fi, juga 31 satu pilihan warna pelapis kulit untuk trim interior.

Bugatti Chiron
kokpit mewah Bugatti Chiron

Terakhir, ekslusifitas mobil ini dijaga dengan hanya menawarkan sejumlah 500 unit untuk seluruh dunia. Dan sudah ada 166 konsumen super kaya yang memesannya. "Ya, kami memiliki hampir 170 mobil dialokasikan untuk pembeli yang serius," ujar CEO Bugatti Wolfgang Durheimer saat gelaran Geneva Motor Show 2016.

EDITOR

Bagja

Top