Kamis,14 Jan 2016 15:15 WIB

Penulis: bagja

LTT Veloz: Nih, Cara Agar Indikator Eco Grand New Toyota Veloz Nyala Terus

Foto: Sano

Avanza Veloz

Sukabumi - Indikator Eco bukan lagi fitur eksklusif. Mobil-mobil lebih mainstream seperti Honda Brio Satya, Hyundai Grand i10x dan salah satu unit long term test otomotifnet.com, Grand New Toyota Veloz 1.3 M/T pun sudah memiliki fitur yang membantu agar pengemudi bisa berkendara dengan lebih efisien.

Pertanyaannya, gimana sih supaya indikator Eco ini nyala terus?

Perlu diingat, indikator berwarna hijau ini hanya bekerja sebagai pengingat atau reminder kepada para pengemudinya yang akan menyala jika mereka berkendara dengan efisien, bukan semacam black magic yang tiba-tiba membuat konsumsi mobil jadi membaik.

Pada unit tes Grand New Veloz (GNV) 1.3 kami, sebenarnya tidak sulit untuk membuat indikator Eco agar terus nyala. Pada gigi satu, logo daun hijau ini tidak akan menyala pada rpm berapapun dan bagaimana pun pedal gas diinjak, mengingat tingginya rasio transmisi yang membutuhkan mesin bekerja keras.

Avanza Veloz
Kalau bisa jaga injakan pedal gas hingga sekitar 25% saja

Di gigi dua dan tiga, jaga injakan pedal gas agar hanya mencapai kurang kebih 25% saja atau injak dengan sangat halus. Putaran mesin juga harus dipertahankan di atas sekitar 1.700 rpm - 3.000 rpm.

Gigi empat, main injak pedal gas bisa sedikit lebih dalam hingga sekitar 40% untuk mempertahankan kecepatan, namun putaran mesinnya tetap dijaga di bawah 3.000 rpm. Baru di gigi lima putaran mesin bisa mencapai 4.000 rpm dan indikator Eco tetap menyala atau kurang lebih jaga agar kecepatan di bawah 120 km/jam.

Nah, mudah kan agar indikator Eco terus nyala?

EDITOR

Bagja

Top