Selasa,24 Nov 2015 09:00 WIB

Penulis: otomotifnet.com

Melihat Langsung Cara Bikin All New Kijang Innova, “Fresh from the Factory”

  • Foto: Bagja

    Proses pembuatan All New Kijang Innova

  • Foto: Bagja

    Proses pembuatan All New Kijang Innova

  • Foto: Bagja

    Proses pembuatan All New Kijang Innova

  • Foto: Bagja

    Proses pembuatan All New Kijang Innova

  • Foto: Bagja

    Proses pembuatan All New Kijang Innova

Karawang - Sesuai dengan kesepakatan dengan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kalau informasi menarik ini baru bisa ditayangkan mulai hari ini (24/11), akhirnya OTOMOTIFNET bisa berbagi bagaimana proses All New Kijang Innova dibuat. Pada penasaran kan?

All New Kijang Innova dibuat lokal di pabrik TMMIN di Karawang, tepatnya di Toyota Plant 1 di kawasan industri Karawang International Industry City (KIIC), Jawa Barat. Di pabrik berkapasitas produksi 130 ribu unit ini juga tempat Toyota Fortuner terbaru nantinya diproduksi.

Kesan pertama ketika masuk ke dalam fasilitas pabriknya; bersih dan rapih. Lini produksi TMMIN dibagi menjadi 6 tahap yaitu stamping (pengepresan), welding (pengelasan), painting (pengecatan), engine manufacturing (produksi mesin), assembling (perakitan) dan quality inspection (tes kualitas).                        
Tahap pertama All New Kijang Innova masuk proses stamping/pengepresan. Di proses ini, lembaran baja dicetak menjadi bagian bodi All New Kijang Innova seperti kerangka, kabin, deck, rangka chasis dan pintu.  

Tahap kedua berlanjut ke welding/pengelasan. Di proses ini, bagian the Legend Reborn hasil proses stamping dilakukan pengelasan sehingga menghasilkan satu bagian utuh. Untuk menjamin akurasi dan tingkat presisi yang tinggi, welding shop TMMIN dilengkapi oleh robot las. 

Setelah proses pengelasan, bodi All New Kijang Innova  akan memasuki painting shop untuk dilakukan proses pengecatan dengan proses Electo Deeping Coating (EDC) untuk menjamin kualitas anti karat serta proses pengisian celah supaya tidak terjadi kebocoran pada saat hujan ataupun banjir. 

Setelah itu barulah dilakukan proses pengecatan primer dan top coat yang menggunakan robot untuk menjamin hasil pengecatan yang maksimal. Dari painting shop, kerangka bodi All New Kijang Innova dibawa ke assembling shop. 

Kerangka bodi utuh akan dirangkai dengan bagian mobil lainnya seperti frame, mesin, kursi, roda, lampu, kaca dan lainnya. dan pintu gerbang kualitas terakhir pada proses pembuatan mobil Toyota terletak di proses quality inspection (tes kualitas). 

Beberapa tes antara lain tes kecepatan, tes pengereman dan tes kebocoran harus dilalui oleh semua mobil Toyota sebelum dikirim ke konsumen. Pabrik TMMIN juga memiliki fasilitas test course/lintasan uji pacu sepanjang 1 km yang mensimulasikan kondisi jalan di Indonesia.

"Semua proses ini hanya memakan waktu 1,6 menit lho untuk membuat 1 unit All New Kijang Innova," ujar Nandi Julianto, Direktur Karawang Plant TMMIN yang baik hati dan turun langsung mendampingi sebagai 'tour guide'. (Bagja)

EDITOR

advetorials

Top