Senin,29 Agust 2016 08:18 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Laporan Langsung dari Jepang

Melihat Lebih Dekat Toyota Aqua, Pilih Ini atau Yaris?

Foto: Fransiscus Rosano

Hatchback yang satu ini memiliki bentuk lebih simpel dibanding All New Yaris di Indonesia. Pilih yang mana?

Yokohama -  Memenuhi undangan Toyota Motors Asia Pacific (TMAP) dan Toyota Astra Motor (TAM) untuk Toyota Technology Media Trip to Japan (27/8), OTOMOTIFNET.COM berkesempatan untuk melihat langsung beberapa pabrik raksasa Jepang ini, seperti Higashi-Fuji R&D Centre dan Primearth EV Energy.

Namun sebelum itu, kami berkesempatan untuk mengitari negara matahari terbit ini, tepatnya di bagian selatan Ibu Kota, yaitu Yokohama. Yang menarik, kami sangat sering melihat sebuah wujud hatchback kompak Toyota seperti gambar di atas yang berwara-wiri di jalanan sini.

Bukan Yaris tapi, lalu apa?

Toyota Aqua 1
Dimensi Toyota Aqua lebih kompak dibanding All New Yaris

Hatchback kompak satu ini adalah salah satu keluarga Toyota Prius yang diberi nama Toyota Prius C, namun disebut Toyota Aqua di Jepang. Tidak salah OTOMOTIFNET.COM melihatnya terus-terusan, karena Aqua memang salah satu model yang paling populer di Jepang.

“Dia (Toyota Aqua) salah satu model paling laku. Ada Prius, Aqua dan Sienta,” komentar Kepala Divisi Pemasaran TAM, Anton Jimmy.

Berdasarkan data Japanese Automobile Dealers Association (JADA) saja, Toyota Aqua berhasil menoreh peringkat satu Best Selling Cars di Jepang pada tahun 2015 dengan total penjualan 215.525 unit.

Toyota Prius Aqua Back
Bagian belakang Aqua mirip Yaris terbaru versi JDM

Meski salah satu varian The Big T ini tidak ada di Indonesia, tentu paling dekat dikerabatkan dengan All New Toyota Yaris. “Hampir sama dengan Yaris kalau di Indonesia, mesinnya sama-sama 1,5 L (1.500 cc),” tambah Anton.

Bedanya, mesin 1.500 cc tersebut yang sama-sama berkode 1NZ justru menggunakan atkinson cycle yang biasa digunakan pada mobil hybrid dibandingkan otto cycle pada 1NZ-FE milik Yaris, karena mesin pada Aqua memang ada dua.

Toyota Aqua Engine
Mesin pada Toyota Aqua berkode 1NZ-FXE, dikombinasikan dengan motor listrik hingga bertenaga 99 dk

Menggunakan teknologi Hybrid Synergy Drive dari Toyota, mesin 1NZ-FXE berkapasitas 1.497 cc dan memiliki rasio kompresi ekstra tinggi 13,4 : 1 menghasilkan tenaga maksimum 74 dk pada 4.800 rpm dan torsi 111 Nm di 3.600 - 4.400 rpm. Sedangkan motor listrik HSD-nya bertenaga 60 dk. Dikombinasikan, tenaganya dibatasi di 99 dk dan disambungkan ke transmisi CVT ke roda depan.

Sedangkan secara bentuk, dimensi Toyota Aqua lebih kompak dibanding All New Yaris yang dipasarkan di Indonesia. Dengan panjang 4.000 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.450 mm dan wheelbase 2.550 mm, hatchback ini dibangun dari Toyota B Platform.

Nah, lebih suka All New Yaris yang di Indonesia atau Toyota Aqua?

EDITOR

Bagja

Top