Kamis,18 Feb 2016 11:00 WIB

Penulis: Bagja

Membandingkan Hasil Uji Tabrak Ford Everest dan Toyota Fortuner

Foto: ASEAN NCAP

Uji Tabrak Ford Everest yang dilakukan ASEAN NCAP

Jakarta - ASEN NCAP kembali melakukan pengujian mobil yang dipasarkan di kawsan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kini giliran dua SUV, All New Fortuner dan All New Ford Everest. Sehingga, dari hasil ini kita bisa membandingkan, mana yang paling aman.

"Tujuan utama dari melakukan tes tersebut adalah untuk memeriksa konsistensi manufaktur terutama pada kinerja keselamatan kendaraan," kata Ketua ASEAN NCAP, Prof. Dr. Wong Shaw Voon, seperti dilansir situs resmi ASEAN NCAP. 


Ford Everest

ASEAN NCAP sudah menguji Ford Everest pada Oktober 2015 lalu. Sebelumnya, lembaga ini sudah melakukan verifikasi antara hasil Everest dengan Ranger--keduanya merupakan satu platform. 

Ford Everest mencetak rating keselamatan sangat baik untuk penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP) dengan poin 15,38 poin, sehingga berhak diganjar rating keselamatan lima bintang. Hasil tersebut juga berkat penilaian adanya fitur Electronic Stability Control (ESC) untuk semua varian tipe Everest.

Sejalan dengan itu, untuk perlindungan keselamatan anak-anak pun, Ford Everest cukup memuaskan dengan penilaian mencapai 81 persen dari 100 persen. Sehingga lumayan mendapatkan rating keselamatan empat bintang.


Toyota Fortuner

Untuk Toyota Fortuner, karena satu platform dengan All New Hilux dan diangap punya kemiripan desain maupun pengendalian mobil, maka ASEAN NCAP menggunakan hasil uji tabrak All New Hilux.

Hasilnya, untuk keselamatan penumpang dewasa (AOP), Toyota Fortuner diberikan 14,43 poin--sedikit lebih rendah dari hasil Ford Everest, namun tetap masuk kategori rating keselamatan lima bintang.

Namun, kalau All New Everest menyematkan fitur ESC pada semua varian tipe, tidak begitu dengan All New Fortuner. Sehingga, SUV andalan Toyota yang tidak disematkan fitur ESC hanya mendapat rating keselamatan empat bintang saja.

Sedangkan untuk perlindungan anak, Toyota Fortuner mendapat penilaian mencapai 71 persen, lagi-lagi lebih rendah dari Ford Everest, tapi tetap masuk kategori rating keselamatan empat bintang--sama seperti Ford Everest.


Kesimpulannya, secara umum kedua SUV ini berhak mendapatkan rating keselamatan lima bintang untuk penumpang dewasa dan empat bintang untuk perlindungan anak-anak. Namun kalau dilihat dengan penilaian mendetail, Ford Everest masih mengungguli All New Fortuner, baik untuk penumpang dewasa maupun anak-anak.

EDITOR

Bagja

Top