Jumat,11 Des 2015 12:00 WIB

Penulis: bagja

Membayangkan Rasanya Nyetir Mobil Bertenaga 4.500 Dk!

Foto: Devel Sixteen

Devel Sixteen

Dubai - Arab memang doyan yang besar-besar. Pernah membayangkan bagaimana rasanya nyetirin mobil bertenaga hampir 5.000 dk? Ya, mobil, bukan truk atau pesawat jet tempur. Bahkan, mobil tercepat saat ini Koenigsegg Regera yang bertenaga 1.500 dk seolah tak ada apa-apanya.

Adalah Devel Sixteen, sebuah--mungkin kita sebut saja ultra-hyper car. Mesin mobil ini digarap Steve Morris Engines yang terkenal di balap drag Amerika. Mau tau spesifikasi mesinnya? 

Devel Sixteen
tenaga Devel Sixteen

Berkapasitas 12.300cc dengan konfigurasi V16 dan didukung dengan empat turbo. Devel mengklaim Sixteen punya tenaga mencapai 5.000 dk! Apakah ini hanya omong kosong? Bagaimana pula caranya memasukkan mesin sebesar itu pada bodi kompaknya?

Devel pun membuktikannya lewat tes Dyno. Namun mohon maaf, yang dicari tau adalah Power on Engine, bukan power on wheel sebagaimana biasanya tes Dyno dilakukan. Kenapa? Karena mesin Dyno tidak bakal tahan meladeni tenaga sebesar itu. 

Satu permasalahan lagi, dengan mesin monster tersebut, Devel sampai saat ini masih mencari-cari transmisi apa yang sanggup meladeni terusan tenaga tersebut pada roda-rodanya. 

Devel Sixteen
Devel Sixteen

Bayangkan saja, saat keempat turbo berukuran 81 mm dibuka hingga 36 psi, mesin 16 silinder Devel Sixteen mencatat tenaga pada meisn Dyno sebesar 4.515 dk dan torsinya 4.771 nm. Sadis ya? Bahkan sebenarnya bisa lebih besar dari itu hasilnya.

Sekarang coba lebih 'dijinakkan' tenaga mesinnya. Coba dikasih minum bensin beroktan 93 atau sekelas Pertamax Plus deh, tetap saja tenaga yang dihasilkan masih menyeramkan, yakni 3.006 dk dan torsinya 3.264 Nm.

Sehingga, kalau diajak berakselarasi dari diam sampai 100 kpj, Devel Sixteen hanya butuh waktu 1,8 detik saja. Sedangkan kalau dikebut maksimal, bisa mencapai 560 kpj, hampir menyetarai kecepatan pesawat di landasan sebelum terbang.

Masih berani membayangkan rasanya nyetir Devel Sixteen? (Bagja)

EDITOR

Bagja

Top