Kamis,10 Maret 2016 14:00 WIB

Penulis: Bagja

Menanti Hadirnya Honda Civic Turbo di Indonesia

Foto: indianautosblog

Honda Civic 1.5 liter Turbo

Jakarta - Sedan memang tidak akan pernah sebesar MPV kalau di Indonesia. Namun selalu ada tempat khusus di hati para pecintanya. Nilai emosional inilah yang coba disuguhkan kembali oleh Honda Prospect Motor (HPM) melalui rencananya menghadirkan Honda Civic terbaru.

Nama Civic sendiri mungkin sudah tidak asing di sini, bahkan untuk anak-anak muda yang lahir di era dominasi mobil MPV pun, nama Honda Civic masih bisa sangat mereka kenali.

Dan sebentar lagi, Honda Civic terbaru bakal dihadirkan. HPM bahkan sudah mengkonfirmasinya kalau tahun ini juga Honda Civic yang punya ubahan drastis ini bisa dibeli masyarakat Indonesia. "Sabar, pokoknya tahun ini juga," ungkap Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy.

Wajar kalau jadi banyak yang tidak bisa bersabar. Soalnya, Thailand sudah lebih dulu 'manas-manasi' dengan hadirnya Honda Civic terbaru untuk kawasan ASEAN, yang artinya tak lama lagi juga akan menyapa Indonesia.

HPM selama ini memang mengimpor Honda Civic dari Thailand. Kabar baiknya, untuk spesifikasi ASEAN yang dipasarkan di Thailand juga sudah mengusung mesin baru. Tidak lagi sebesar 1.8 liter seperti sebelumnya, kali ini kapasitas mesinnya hanya 1,5 liter, tapi sudah dibekali turbo.

Honda Civic Turbo
mesin 1.5 liter Honda Civic Turbo

Tenaga yang dihasilkan mencapai 174 dk dan torsinya 220 NM, cukup untuk melajukan Civic dengan sedikit 'pecicilan' di jalan raya Indonesia. Mesin baru tersebut dipadankan dengan transmisi otomatis CVT dan transmisi manual 6 percepatan.

Pertanyaannya, seberapa berani HPM untuk menghadirkan hasil 'revolusi' kalau bukan 'evolusi' dari Honda Civic generasi terbaru ini. Sedan yang kecil pasarnya di Tanah Air, ditambah usungan turbo yang sebenarnya bisa membuat harga jualnya melambung.

Namun tentu saja ada 'racikan' khusus dari tim HPM untuk menawarkan Civic turbo ini akan bisa diakses sebanyak mungkin para pecintanya. Honda juga sudah seharusnya percaya diri karena segudang kejutan yang akan diberikan Honda Civic.

Honda sedang berspekulasi untuk menawarkan sesuatu yang baru pada sebuah sedan, yang selama ini kadung identik dengan daya tampung yang sedikit, dan hanya mengandalkan kenyamanan. 

Apalagi rencana hadirnya Civic juga terlihat sebagai langkah awal Honda di Indonesia untuk terus memperkuat image sport, seperti yang juga diungkapkan orang nomor satu Honda di Indonesia;

"Kami akan terus melebarkan segmen sport di Indonesia dengan lebih banyak menawarkan mobil yang kental karakter sport," kata Tomoki Uchida, orang nomor satu di Honda Indonesia. Jadi, nantikan saja tahun ini juga ya!

EDITOR

Bagja

Top