Rabu,17 Feb 2016 13:00 WIB

Penulis: Bagja

Tematis Mobil China di Indonesia

Mengintip Perkembangan Teknologi Mobil China Chery

Foto: Chery

Mengintip Perkembangan Teknologi Mobil China Chery

Jakarta - Setiap pabrikan yang besar dan serius, pasti juga punya fokus dalam pengembangan produk, tak terkecuali mobil China sekalipun. Apakah usungan teknologi mobil China masih jauh ketinggalan? Belum tentu.


Teknologi Sektor Mesin

Chery telah mengembangkan model mesin ACTECO kelas dunia. Dari 3-silinder sampai V 6-silinder, dari perpindahan rendah ke perpindahan tinggi (0,8-4,2 L), dan dari mesin bensin ke mesin diesel. ACTECO mengadopsi turbocharging, DVVT, TCI, TGDI dan teknologi canggih lainnya semua sesuai dengan standar internasional seperti Euro Standar Emisi IV.


VVT & DVVT
1.6DVVT, mesin ACTECO generasi kedua. Mengadopsi VIS Variabel Intake Manifold (VIM) dengan pertimbangan kinerja kekuatan pada kecepatan tinggi dan rendah. Dengan teknologi DVVT, secara akurat mengontrol membuka dan menutup fase intake dan exhaust, meningkatkan kinerja dan menurunkan konsumsi bahan bakar.


Gear Box

Teknologi transmisi yang menggabungkan teknologi transmisi mekanik dan teknologi otomatis, akan menghasilkan mode transmisi yang lebih cerdas, nyaman dan cepat.

CVT

Transmisi CVT Chery sebagai yang pertama continuously variable transmission (CVT) secara independen dikembangkan di Cina, telah mematahkan monopoli raksasa multinasional di industri transmisi otomatis. 


AMT

Otomatis Transmisi Manual (AMT) adalah sistem transmisi otomatis dikendalikan oleh komputer. AMT telah mempertahankan struktur dasar dari transmisi mekanik asli. 


DCT

Transmisi kopling ganda 6 percepatan. DCT mencengkeram motor-driven dan pergeseran gigi. Unit kontrol transmisi terintegrasi untuk transmisi, yang menjamin efisiensi transmisi yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar lebih sedikit.


BSG (Belt Driven Starter Generator)

BSG adalah teknologi listrik hybrid ringan. Berbeda dari teknologi kendaraan listrik, BSG hanya mengoptimalkan kondisi kerja mesin bensin dan diesel tradisional, meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sebagai hasilnya, efek penghematan BBM hanya 5%. BSG juga memiliki biaya rendah. BSG dari Chery secara keseluruhan mengadopsi sistem pendingin angin alami dengan ukuran kecil, bobot rendah, radiasi yang sangat baik, efisiensi tinggi dan keuntungan lainnya.

 

ISG (Integrated Starter dan Generator)

Merupakan sistem terpadu antara Starter dan Generator (ISG), hemat energi dan ramah lingkungan juga hemat biaya. Sistem ini mirip dengan start/stop engine, jadi saat mobil berhenti dalam 0,3 detik saat lampu merah atau parkir, maka mesin akan mati secara otomatis.

Dipasang langsung pada poros utama mesin, ISG juga dapat mendorong tenaga setiap saat. Saat menghadapi jalan menurun, ISG dapat menghasilkan tenaga untuk menghemat energi; Bahkan ketika menuruni lereng panjang, memungkinkan ada penyesuaian elektromagnetik dan non-kontak pengereman untuk keamanan lebih.


EV (Electric Vehicle) & PHEV (Plug-in Hybrid Electric)

EV mengikuti tren ramah lingkungan. Chery telah mandiri mengembangkan motor listrik yang didedikasikan untuk kendaraan. Dengan kepadatan daya, akurasi kontrol yang tinggi, biaya rendah dan keandalan, mereka secara akurat dapat merespon kebutuhan motor listrik yang bisa berputar searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam, dengan kecepatan tertinggi hingga 120 km / jam.

 

Sektor Hiburan Kabin

Tak hanya sektor mesin dan performa, teknologi Chery juga bisa didapat pada sektor pemanja kabin yang saat ini sudah dianggap sebagai bagian penting dari sebuah mobil.


CLOUDRIVE 1.0 

Produk generasi pertama di bawah Cloudrive, membawa Anda ke kehidupan era internet dengan konsep desain yang lebih trendi. Jaringan awan akan lebih baik melayani pengemudi, membuat mobil Anda tidak hanya alat perjalanan tapi mitra untuk memenuhi semua kebutuhan hidup Anda.

Sistem ini dianggap sebagai sistem rumah tangga cerdas untuk mengemudi berbasis teknologi cloud dengan database penginderaan cerdas. Selain untuk hiburan kabin, juga dapat berfungsi sebagai fitur keselamatan, melalui pemantauan jarak jauh berbasis cloud.


Struktur Bodi 3R

Struktur mobil didesain berbentuk cincin yang diperkenalkan oleh tim desain Chery, menjamin keselamatan dan pengoperasian kinerja yang sangat baik dari mobil. 

Teknologi pengelasan laser sangat baik memastikan konsistensi semua sendi pengelasan. Struktur ini juga diklaim jauh lebih fleksibel guna menunjang stabilitas mobil. Teknologi ini tidak hanya dapat menyaring sebagian besar getaran tetapi lebih efektif meningkatkan traksi roda belakang.

EDITOR

Bagja

Top