Kamis,10 Maret 2016 12:15 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Mesin Toyota Vios Facelift Juga Buatan Pabrik Karawang?

Foto: Paultan

Toyota Vios facelift

Jakarta - Kehadiran New Toyota Vios atau Vios facelift sudah terlebih dahulu dilakukan di Thailand, (4/3) lalu, tidak hanya mengubah tampang. Pabrikan asal Jepang ini juga menggusur mesin lama Vios yakni 1NZ-FE berkapasitas 1.5 liter dan digantikan dengan mesin baru 2NR-FBE berkapasitas 1.5 liter Dual VVT-i.

Jika dilihat dari spesifikasinya, mesin tersebut sepertinya sama dengan mesin baru yang akan diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di pabrik perakitan mesin terbarunya di Karawang, Jabar, yang beberapa waktu lalu diresmikan.

Lalu, apakah mesin Vios facelift ini juga akan disuplai oleh Toyota Indonesia?

Menjawab hal tersbeut, I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN, sepertinya masih menjawab dengan diplomatis jika ada beberapa model sedan yang memang diproduksi baik di Indonesia maupun di Thailand itu sendiri.

"Pembuatan mobil sedan pertama-tama memang basis di Thailand, namun ada juga model tertentu yang diproduksi di Indonesia," papar I Made Dana Tangkas ketika dikonfirmasi OTOMOTIFNET, beberapa waktu lalu di Karawang, Jabar.

Namun, ketika disinggung lebih jauh mengenai kemungkinan mesin yang bakal diproduksi di fasilitas perakitan mesin terbaru milik Toyota yang berada di Karawang, Jabar ini, pria asal Bali tersebut masih belum memberikan jawaban secara pasti.

"Untuk model facelift itu belom bisa saya dijawab. Saya juga belom bisa jawab karena saya sendiri belum lihat," elaknya.

Sebagai informasi, mesin Vios yang bisa meminum bensin n E85 ini juga disuguhkan dengan padanan transmisi baru, yakni otomatis CVT. Tenaga yang dihasilakan mesin baru ini mencapai 108 dk dan torsinya hanya turun 1 NM dari mesin sebelumnya, menjadi 140 Nm.

Nah, menurut Yui Hastoro, Director of Technical and Project Planning Management TMMIN, untuk mesin 1.5 liter yang diproduksi di Karawang, Jabar ini memiliki kemampuan 79,8 kw atau jika dikonversi sama dengan 106,9 dk. Hasil ini sangat mendekati tenaga Vios yang sudah disebutkan di atas yaitu 108 dk.

EDITOR

Bagja

Top