Rabu,31 Agust 2016 15:00 WIB

Penulis: Bagja

Mesin Yaris dan Vios juga Bakal Mengusung Dual VVT-i

Foto: Toyota

Mesin Toyota Sienta untuk Toyota Yaris dan Vios

Jakarta - Transmisi CVT Toyota Yaris dan Vios terbaru nantinya akan jadi penerus daya dari mesin yang juga baru, karena sudah mengusung teknologi Dual VVT-i seperti mobil-mobil baru Toyota lainnya.

Kalau sebelumnya menggunakan mesin 1NZ-FE 4 silinder DOHC berkapasitas 1.5 liter VVT-i, bakal digusur dengan mesin 2NR-FE DOCH dengan kapasitas yang masih sama, yakni 1.5 liter. Tapi sudah tersemat teknologi Dual VVT-i.

Mesin dan transmisi untuk Toyota Yaris dan Vios ini sepertinya sama dengan yang digunakan pada Toyota Sienta yang sudah lebih dulu hadir. Merupakan pengembangan terbaru untuk semua mobil-mobil baru Toyota kedepannya.

Mesin Avanza Veloz untuk Yaris dan Vios
Mesin Avanza Veloz untuk Yaris dan Vios

Tertanam di Toyota Sienta, mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 107 dk dan torsinya 14.3 kgm. Sementara mesin lama Toyota Yaris, dengan kapasitas yang sama dan teknologi belum Dual VVT-i, bisa menghasilkan daya 109 dk dan torsinya 14.4 kgm. 

Diharapkan, dengan usungan teknologi Dual VVT-i, tenaga yang tertanam di Toyota Yaris dan Vios terbaru nantinya bisa lebih tinggi sekitar 2 sampai 3 dk, karena pengaruh bobot yang lebih ringan dari Sienta dan Veloz.

EDITOR

Bagja

Top