Jumat,22 Jan 2016 08:00 WIB

Penulis: bagja

Misteri Dibalik Ekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia

Foto: Suzuki

Pabrik baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat akan mensuplai Suzuki Ertiga ke Malaysia

Kerjasama Suzuki dan Proton libatkan Indonesia?

Jakarta - Sebelumnya diberitakan OTOMOTIFNET kalau Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan mengekspor Suzuki Ertiga sebanyak 1.500 unit perbulan ke Malaysia. Nah, ternyata ini bukan ekspor yang biasa-biasa saja karena bisa jadi punya buntut panjang. OTOMOTIFNET langsung teringat isu hangat tengah tahun lalu, saat Suzuki menjalin kerjasama dengan Proton, Malaysia.

Saat itu, kisaran Juni 2015, Suzuki Motor Corporation (SMC) telah menyepakati kerjasama dengan produsen otomotif Malaysia, Proton Holdings Berhad. Dalam kerjasama tersebut, Suzuki akan membuatkan satu model mobil untuk Proton, yang artinya bakal bermerek Proton.

Situs otomotif ternama di Malaysia, yakni Paultan, pun pernah mengungkapkan Suzuki akan mengirimkan komponen-komponen mobilnya untuk dirakit lokal di Malaysia oleh Proton. 

Namun kala itu menurut Paultan, sebuah mobil kompak kecil sejenis city car yang akan dirakit lokal di Malaysia. Tidak disebutkan dari negara mana Suzuki Ertiga akan diimpor oleh Proton--bisa dari India, bisa juga Indonesia. Sementara pada Mei 2016 nanti, SIS akan mengekspor Suzuki Ertiga ke Malaysia. 

Ada benang merah antara kerjasama Suzuki dan Proton yang salah satu isinya Suzuki akan membuat satu mobil untuk Proton. Bukan tidak mungkin kalau mobil itu adalah Suzuki Ertiga yang disuplai SIS dari Cikarang, Jawa Barat. Berarti, ada andil Indonesia dalam kerjasama antara Suzuki dengan Proton.

Meski dalam kesepakatan kerjasama itu disebutkan sebuah mobil kompak kecil, toh secara dimensi pun, dengan panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm, Suzuki Ertiga bisa saja dibilang sebuah mobil (keluarga) yang kompak. Juga cocok-cocok saja digunakan di perkotaan sebagai 'citycar'. 

Indikasi Suzuki Ertiga bakal disulap bermerek Proton makin menguat ketika sumber internal SIS mengungkapkan kalau rebranding (dari Suzuki ke Proton) pasti ada. 

"Tau produknya disana apa? Tapi saya belum bisa statement itu Proton. Kenapa belum boleh? Karena Proton sendiri juga belum ada pernyataan (resmi) apa-apa saat ini. Kita harus menghormati itu lah," ungkap sang sumber.

Sehingga, kemungkinan besar Suzuki Ertiga bukan sekedar akan diekspor oleh SIS ke Malaysia, tapi juga sekaligus disulap menjadi merek Malaysia, Proton. Masih menurut sang sumber, sementara soal kerjasama transfer teknologi urusan SMC dengan Proton. 

"Kali ini memang permintaan dari Malaysia CKD. Kita siapkan (Suzuki Ertiga) CKD mulai Mei 2016 ini. Tapi mereka mau launchingnya kapan, itu urusan mereka." tutup sang sumber.

EDITOR

Bagja

Top