Rabu,20 Jan 2016 16:34 WIB

Penulis: parwata

Mobil Baru 2016: Honda Andalkan SUV dan Mobil Keluarga

  • Foto: Honda

    Honda Civic masuk ke generasi ke 10, kini dengan kode nama FC1 dan FC2

  • Foto: Honda

    Honda BR-V, mulai diterima konsumen pada Januari 2016

  • Foto: Honda

    Interior Honda Honda Civic

  • Foto: Honda

    Sudah waktunya L-MPV HPM, Honda Mobilio mendapat penyegaran untuk menghadapi Grand New Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga Dreza

Jakarta - Tahun 2015 pasti menjadi waktu yang menyenangkan bagi PT. Honda Prospect Motor (HPM). Populernya crossover HR-V meski baru setahun diperkenalkan dan pasar Mobilio yang semakin membaik di segmen L-MPV, membuat nama HPM semakin harum di Indonesia. Prestasi yang tidak dapat dipungkiri, hingga Honda Motor Corporation pun membuat sebuah world premiere di Tanah Air tahun 2015 silam. BR-V, sebuah gabungan SUV dan MPV 7-seater membuat debutnya di pameran otomotif nasional di akhir Agustus 2015.

Beberapa bulan kemudian, OTOMOTIF berkesempatan mencicipi BR-V di Jepang saat Tokyo Motor Show. Awal Desember, harganya pun diumumkan secara resmi dengan range harga Rp 226,5 juta – Rp 261,5 jutaan on the road Jabodetabek. Konsumen pun diberitakan akan mulai mendapat unit crossover ini pada awal Januari 2016, yang membuat BR-V adalah mobil resmi pertama HPM di tahun ini. “Mobil baru kami pada tahun ini ada BR-V dan ada sedan,” terang Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM.

Ketika ditanya lebih lanjut, pria ini mengatakan sedan yang dimaksud tidak hanya mengalami sekadar facelift atau world premiere, tetapi full model change. Sudah tahu? Ya, sedan yang dimaksud adalah penerus Honda Civic. Ucapkan selamat tinggal pada Civic generasi ke sembilan yang kini beredar di Indonesia. Civic FC1 dan FC2 pertama kali diperkenalkan pada pertengahan tahun 2015. Sebagai model Honda yang terjual paling laris secara global, Honda tentu menggarap yang satu ini dengan serius.

Redesain pada eksterior dan interior pun dilakukan secara total, dengan pendekatan yang dilakukan seperti pada Acura dari bentuk gril dan head lamp LED yang digunakan. Dua mesin baru pun diperkenalkan, yaitu mesin 4-silinder segaris berkapasitas 2.000 cc, DOHC, i-VTEC yang dipasangkan ke transmisi CVT dan mesin lebih kuat berkapasitas 1.500 cc dengan direct injection dan turbocharger. Fitur ICE pun diperkuat dengan Apple CarPlay dan Android Auto, meski diragukan kedua hal ini akan ikut dibawa ke Indonesia. Sedangkan segi safety ditonjolkan dengan Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation braking, Road Departure Mitigation dan Adaptive Cruise Control dengan Low-Speed Follow.

Tidak berhenti sampai di All New Civic, HPM juga menjanjikan beberapa penyegaran untuk produk-produk lain yang sudah beredar di Indonesia. “Ada beberapa facelift dan refreshment yang kami lakukan,” tambah Jonfis.
Sayangnya, ia belum dapat mengatakan model apa yang akan mendapat penyegaran tersebut. “Tunggu waktu mainnya ya, hehe,” tutupnya. Kalau harus menebak, pilihan kami untuk mid life refreshment ini akan jatuh pada Brio dan Mobilio yang sudah beredar dari tahun 2012 dan 2013. Perubahannya pun akan menyangkut soal desain eksterior dan interior yang akan mendapat tweak dan tentu penambahan fitur untuk value for money yang semakin baik. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top