Rabu,20 Jan 2016 10:35 WIB

Penulis: parwata

Mobil Baru 2016: Mazda Menimbang-Nimbang CX-3

  • Foto: Dok.OTOMOTIF

    SUV bongsornya butuh penyegaran, setidaknya versi terbarunya terbukti tampil menarik di luar negeri

  • Foto: Dok.OTOMOTIF

    MX-5 alias Miata punya potensi menarik sebagai coupe mungil 2 penumpang

Jakarta - Masih jadi misteri besar, model baru apa yang bakal jadi andalan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk mengikuti persaingan di 2016 ini. Hanya saja, OTOMOTIF yang sudah merasakan crossover terbarunya, CX-3 di Thailand (ed.35/ XXV) lalu melihat prospeknya yang cukup cerah.

Namun sekilas, sudah ada titik terang apakah pesaing Honda HR-V dan Nissan Juke ini bakal benaran muncul di Tanah Air. “Untuk tipe baru, kemungkinan CX-3 saja, namun kapan timing-nya masih belum bisa kita info,” terang Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI saat dihubungi OTOMOTIF.

Nah kalau sudah dipastikan masuk, apa yang jadi bahan jualan CX-3? Yang jelas soal teknologi yang diusung. Skyactiv jelas sudah teraplikasi di semua sektor, mulai dari sasis, bodi, mesin hingga transmisi. Harganya tentu masih susah diprediksi. Namun melihat harganya di Jepang yang berkisar Rp 260 juta sampai RP 350 juta. Rasanya, apabila pabrik Mazda di Thailand jadi sumber impor crossover ini bakal membuat harga jual di Indonesia tetap kompetitif.

Aslinya di Thailand, seperti  yang telah di coba OTOMOTIF memakai mesin Skyactiv berkapasitas 2.000 cc. Namun mengingat ini adalah versi lebih besar dari All New Mazda2, bahkan dengan wheelbase sama-sama 2.570 mm, rasanya tak masalah mesin 1.500 cc milik saudaranya jadi opsi untuk penggemar Indonesia. Jadi, persaingannya bisa lebih luas nih, mau fight sama HR-V 1.8 bisa, di kelas bawahnya pun tak masalah.

Lebih seru lagi melihat varian lain, seperti MX-5. Kalau MMI konsisten dengan teknologi Skyactiv andalan Mazda, harusnya sportcar mungil ini bisa jadi ‘mainan’ baru untuk penggemarnya di Indonesia. Pasarnya di Amerika yang besar, membuat Mazda sampai memberikan opsi menarik untuk pembeli pertamanya. Tersedia 1.000 unit The Launch Edition dengan kelir spesial Soul Red. Kalau di Indonesia tak kebagian, setidaknya versi massalnya sudah cukup memuaskan penggemarnya, sebab masa terakhir MX-5 beredar di Indonesia masih di era 1990-an.

Harganya memang akan jadi pertanyaan besar selanjutnya. Sebab, kalaupun masuk dan punya rentang di kisaran Rp 750 jutaan. Apakah tetap menarik mengingat nama lain Miata ini hanya punya kapasitas 2 orang? Ahh, Daihatsu saja berani menjual Copen dengan rentang harga Rp 400 jutaan kok, hihihi… • (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top