Rabu,20 Jan 2016 10:35 WIB

Penulis: parwata

Mobil Baru 2016: Toyota Masih Punya ‘Kuncian’

Foto: Toyota

All New Fortuner bersaing ketat soal tanggal peluncurannya. Duluan mana ya sama All New Mitsubishi Pajero Sport?

Jakarta - Bisa dibilang, 2016 ini jadi momen kebangkitan Toyota di Indonesia. Padahal, tahun lalu MPV ‘sejuta umat’-nya, Avanza sudah meluncur duluan. Memang, tak bisa dibilang fenomenal, mengingat low MPV ini termasuk major change. Belum full model change.

Varian lain yang mengalami revisi penampilan adalah Rush. Tampang low SUV ini terlihat jauh makin gagah berkat desain lampu baru. Nah, yang terbilang mengasyikkan ada di kelas large MPV-nya, Alphard dan Vellfire Padahal, awal kemunculannya bisa dikatakan ‘disalip’ importir karena generasi pertama Alphard tidak dimasukan TAM. Kini, tak tanggungtanggung seluruh variannya tersedia komplet, mulai dari All New Alphard dan All New Vellfire, juga versi mewahnya Alphard 3.5 Executive Lounge.

Makin berjaya lagi, MPV asli Indonesianya Kijang dilahirkan kembali dengan nama All New Kijang Innova. Ini juga terbilang full model change. Karena hampir seluruh bagian dibuat dari baru, mulai dari sasis sampai interior, termasuk mesin diesel terbaru.

Fortuner Akhir Januari

Lalu, apa yang akan ditawarkan TAM untuk pasar 2016? Tenang saja, TAM enggak bakal kehabisan ‘senjata’ untuk bertarung di pasar Indonesia yang sengit. “Paling dekat, kita akan mengeluarkan All New Fortuner akhir bulan Januari ini,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director TAM saat dihubungi OTOMOTIF.

Tak mau kalah set dengan pesaing terdekatnya, Mitsubishi yang juga dipastikan lahir di Januari 2016 ini. Andalan Toyota di kelas SUV ini seperti terlahir kembali. Masih memakai produksi global Toyota yakni Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV), seperti pada Hilux dan Kijang Innova, makanya All New Fortuner juga ditawarkan dengan mesin dan transmisi baru.

Mengusung tema Leading the World, All New Fortuner punya 2 opsi tipe yaitu 4x2 2.7 SRZ A/T dengan mesin bensin, serta 4x2 diesel yang hadir pada 2.4 VRZ A/T dan 2.4 G baik manual maupun otomatis. Artinya, generasi mesin 2GD dan 1TR, seperti yang terpasang pada All New Kijang Innova akan muncul kembali, plus 2TR mengingat ada varian SRZ. Tenang saja, varian penggerak 4x4 masih ada kok. Komplet kan…

Kuncian di segmen MPV

Eits, sabar dulu. Masih ada ‘kuncian’ lain nih. Gosip terhangat kan Sienta juga bakal lahir. Kapan sih munculnya? “Kita belum ada komentar apapun tentang Sienta,” ucap Henry lagi meyakinkan. Padahal di Jepang sana, Sienta punya offer menarik untuk keluarga muda Tanah Air.

Aslinya Sienta pakai mesin 1NZ-FE, sama seperti saudaranya Yaris dan Vios. Namun untuk pasar Indonesia, kabar paling seru mesin yang bakal terpasang adalah 1NR-series, sama seperti Grand New Avanza. Akankah mesin ini seakan memberitahu kalau Sienta akan setangguh Avanza?

Pun begitu soal rumor berhentinya high MPV-nya, NAV1 yang ditepis jauh-jauh. “Enggak benar kok. NAV1 masih jadi andalan kami untuk segmen high MPV,” sambung pria berkacamata ini. Sama hal untuk produk lain yang lebih dulu muncul. Tak akan dibiarkan begitu saja. Biasanya, minimal aka nada facelift alias minor change di tengah tahun. “Kita berusaha melakukan program dan aktifitas untuk membuat produk kami lebih diterima dan pelanggan puas,” tutup Henry. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top