Sabtu,9 Jan 2016 09:30 WIB

Penulis: bagja

Mobil Baru Suzuki 2016: Suzuki Baleno pun Siap Hadir

Foto: Bagja

OTOMOTIFNET melihat langsung sosok Suzuki Baleno di Tokyo Motor Show 2015

Jakarta - Kejutan dari Suzuki diawali ketika Suzuki Indomobil Sales memunculkan versi konsep Suzuki iK-2 di pameran otomotif nasional Agustus 2015 lalu. Dikatakan Suzuki, konsep ini bakal jadi cikal bakal Suzuki Baleno terbaru.

Benar saja, tak lama diluncurkan versi produksi dari hacthback terbaru Suzuki, ya hacthback bukan sedan, yang dinamakan Suzuki Baleno. Selang beberapa waktu kemudian, giliran sosok aslinya dilihat langsung OTOMOTIFNET di Tokyo Motor Show 2015.

Baca juga: Kini Jadi Hatchback, Suzuki Baleno Resmi Diluncurkan

Kini giliran kabar baiknya. Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersiap untuk juga menghadirkan Baleno di tanah air. Nama besar Baleno--meski kini tak berjenis sedan, bakal menjadi modal awal Suzuki untuk membesarkan sosok baru ini.

"Ah bisa aja lo, nanyanya ini terus. Baleno nanti lah, pasti masuk. Tapi belum tau, karena biasa deh, banyak yang kita pertimbangkan," ungkap Makmur Makmur Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Suzuki Baleno
Suzuki Baleno jadi hatchback

Ditelusuri lebih lanjut, kini giliran Head of 4W Product Development PT SIS, Donny Saputra yang mengungkapkan rencana kehadiran Baleno untuk Indonesia. "Pokoknya ada produk baru yang kita siapkan. Produk baru lho ya, bukan facelift," ungkap Donny.

Dilanjutkan lebih jauh, untuk semester pertama tahun ini kemungkinan besar belum akan hadir, sehingga kita bisa menantikannya pada semester kedua tahun ini. Baca juga: Suzuki Baleno Siap Menantang Honda Jazz di Jepang

Selain harga jualnya, usungan mesin juga memunculkan rasa penasaran sendiri. Jepang termasuk beruntung ketika Suzuki memutuskan untuk menawarkan mesin 1.0 liter berteknologi BoosterJet pada Baleno.

Versi mesin hybrid SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) juga ditawarkan dengan paketan start/stop system, brake energy recuperation system dan torque assist unit.

Baca juga: Penerus Suzuki Baleno Belum Tentu Pakai Mesin BoosterJet Turbo

"Tapi untuk Indonesia kita sedang pertimbangkan semua kemungkinan. Namun kalau menghadirkan semua teknologi tersebut, bisa berapa harga jualnya nanti?" kata Donny. Sehingga, kemungkinannya bakal mengekor Maruti Suzuki India, yakni menggunakan mesin bensin K12 berkapasitas 1.2 liter, sama dengan mesin Suzuki Splash. Versi mesin diesel berkapasitas 1.3 liter juga akan disediakan.

Suzuki Baleno yang akan diposisikan diatas Suzuki Swift ini diharapkan menyandingkan mesin tersebut dengan transmisi CVT atau transmisi manual 5 percepatan. 

EDITOR

Bagja

Top