Selasa,12 April 2016 13:45 WIB

Penulis: Bagja

Mobil Daihatsu Bermesin 1.2 liter, Mobil Apa Ya?

Foto: Patar Parlindungan

Rendering MPV Murah 7 Seater Toyota-Daihatsu

Jakarta - Seorang pembaca setia OTOMOTIFNET mengirimkan informasi yang bisa jadi sedang ditunggu-tunggu. Sola rencana kehadiran mobil baru Daihatsu. Kemungkinan besar ini MPV murah LCGC.

Kenapa kemungkinan menuju ke situ? Terlihat dari kode mobil yang didaftarkan pada Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan (TPT Online) Kemenperin. Disana tertulis DAIHATSU B401RS-GMQFJ 1.2 (4X2) M/T dan DAIHATSU B401RS-GMZFJ 1.2 (4X2) M/T.

Nah kode tersebut merujuk pada Daihatsu Ayla. Hanya saja, kapasitas mesin yang membedakan dan masih misteri. Karena selama ini tidak ada Daihatsu Ayla berkapasitas mesin 1.2 liter. Semua mobil Daihatsu yang dijual di Tanah Air juga tak ada yang bermesin 1.2 liter.

Bisa jadi inilah di MPV murah LCGC Daihatsu yang dikembangkan bersama Toyota. OTOMOTIFNET pun langsung melakukan penelusuran, sampai seorang sumber berbisik kalau memang MPV murah Daihatsu sudah siap.

Jadi kemungkinan mesin 1.2 liter yang digunakan untuk MPV murah LCGC Daihatsu, karena Daihatsu Ayla sendiri pakai mesin 1.0 liter dan Daihatsu Sirion yang paling dekat, bermesin 1.3 liter.

Mesin 1.2 liter ini bisa jadi mengambil dari mesin Toyota Etios, yang juga berkapasitas 1.2 liter. Namun, belum diketahui apakah sudah mengusung VVT-i atau belum.

"Dikabarkan dalam tahap persiapan menuju produksi dan kemungkinan meluncur juga di semester kedua tahun 2016 bisa di GIIAS 2016," ungkap sang sumber yang tidak mau terkenal ini.

EDITOR

Bagja

Top