Minggu,15 Nov 2015 17:20 WIB

Penulis: bagja otomobil

"Mobilio Mobil Paling Irit yang Pernah Saya Punya!"

Foto: Bagja, Dok. otomotifnet.com

"Mobilio Mobil Paling Irit yang Pernah Saya Punya!"


Jakarta - Honda Prospect Motor tak henti untuk terus menunjukkan kalau Honda Mobilio punya efisiensi bahan bakar yang oke. Ditunjukkan dengan terus digelarnya program Wisata Plus Honda Mobilio, yang isinya uji irit BBM sekaligus jalan-jalan.

Diajaklah pengguna Honda Mobilio sendiri yang jadi peserta. Sehingga, selain bisa mengajak serta keluarga jalan-jalan, sang ayah bisa sekalian menguji seberapa irit Honda Mobilio miliknya. Caranya terserah, mau jalan pelan, jalan kencang, AC dimatikan, asal bisa irit BBM dan waktu tempuh dari start sampai finish tidak melewati batas yang ditentukan panitia.

Ditahun ini saja, dari lima seri yang digelar selalu mencatatkan hasil yang semakin baik dari seri ke seri. Bahkan, pada seri kelima alias seri penutup di tahun ini, rekor konsumsi bahan bakar yang sudah bertahan lumayan lama yakni 26,7 kpl pun bisa dipecahkan menjadi 27,6 kpl. 

Artinya, catatan konsumsi BBM Honda Mobilio terbilang konsisten dan bahkan bisa terus meningkat dan meningkat. Jadi, selain mesinnya yang sudah irit, juga ada hal menarik lain yang bisa kita dapat; para peserta terus belajar dan belajar menyempurnakan cara berkendaranya agar lebih efisien, dan terbukti meski memang harus melewati lama waktu tahunan. Mengubah kebiasaan memang tidak ada yang instan. 

Rute yang dipilih juga enggak muluk-muluk, tapi cukup untuk menjadi simulasi mengemudi keseharian. Hanya kawasan Jakarta Utara sampai Bogor dengan jarak tak lebih dari 100 km bahkan. 

Tapi bukankah sehari-hari mobilitas kita juga mirip-mirip seperti itu?. Panas dan macet sudah pasti yang utama hampir setiap hari kita rasakan saat mengemudi, belum lagi masalah berapa liter BBM yang harus kita beli. Dan kuncinya adalah bukan melulu mesin Honda Mobilio irit atau tidak, tapi bagaimana cara kita berkendara agar hemat bahan bakar. 

"Mobilio itu mobil paling irit yang pernah saya punya. Beneran ini, bukan karena saya menang lomba irit ya, tapi mobil ini memang irit. Saya rasakan sendiri sehari-hari," komentar Yanuar Firdausi, pemilik Honda Mobilio E CVT lansiran tahun 2014. 

Honda sendiri membekali Mobilio dengan generasi mesin L15A berkapasitas 1.500 cc, dengan teknologi i-VTEC, SOHC dan drive by wire bertenaga 118 dk dan torsinya 145 Nm. 
Walau mesin tersebut bersanding dengan transmisi CVT, respon mesin pada putaran menengah sangat terbantu. Bukan saja ketika jalan rata, tapi juga saat menanjak. Mode sport-nya juga bukan 'hiasan' semata kok, karena cukup terasa membuat mobil jadi lebih agresif.

Dengan mobil itu pula, Yanuar pada seri kelima Wisata Plus Honda Mobilio mencatatkan konsumsi bahan bakar terbaik kedua, yakni 27 kpl. "Ini kan mobil kita pakai sehari-hari, jadi sudah kenal lah istilahnya gitu. Memang irit, makannya kita beli kan?," tutup Yanuar. (mobil.otomotifnet.com)

EDITOR

fauzi

Top