Rabu,22 Juni 2016 17:15 WIB

Penulis: Bagja

MPV WORLD 2016

MPV World 2016: Liburan Tenang, Ban BMW Gran Tourer Anti Ranjau Paku

Foto: Rian

BMW Gran Tourer aman dari ranjau paku

Jakarta - Salah satu kendala paling sering terjadi saat liburan adalah ban tiba-tiba kempis di jalan. Bisa terkena benda tajam, maupun tak jarang terkena ranjau paku di beberapa ruas jalan yang rawan.

Untungnya, liburan pakai BMW Gran Tourer tidak akan mengalami kendala seperti itu. Karena semua ban yang terpasang pada BMW Gran Tourer sudah mengusung teknologi Run Flat Tire (RFT).

Biasanya terdapat tulisan RFT pada side wall ban. Asiknya ban RFT, tetap mampu diajak berjalan meski sudah tidak ada tekanan angin sama sekali di dalam ban. Asal tidak melebihi kecepatan sampai 80 kpj.

RFT adalah ban dengan tambahan karet pengaman di dinding dalam ban. Hal ini memungkinkan ban menahan beban kendaraan plus muatannya walaupun tidak ada tekanan angin.

BMW Gran Tourer
Ban BMW Gran Tourer sudah dilengkapi teknologi RFT

Kalau memang terjadi pengurangan tekanan angin ban, akan ada peringatan kok dari TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Saat itu terjadi, tidak usah panik. Terus saja mobil berjalan sampai menemukan tempat yang aman dan nyaman untuk mengganti ban.

Kalau bisa diganti saja dengan ban cadangan, karena ban jenis RFT ini tidak bisa sembarang di tambal. "Kalau RFT kita harus pakai metode Tire Patch dari dalam, semua ban BMW yang datang kesini pasti pakai cara ini," jelas Rizki, mekanik Auto-pit Car Care Bintaro.

Dengan begitu, meskipun ditengah perjalanan liburan ban kempis mobil tetap bisa diajak terus berjalan. jadi lebih tenang deh.

EDITOR

Bagja

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top