Senin,25 April 2016 07:35 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano Adi Prakoso

Nissan Kicks, Calon Pengganti Juke?

Foto: Carscoops

Nissan Kicks

Brazil - Nissan baru saja memperkenalkan sebuah SUV kompak yang disebut Nissan Kicks. Melihat bentuknya, apakah ini calon pengganti Nissan Juke yang selama ini mengisi segmen tersebut?

Sebelumnya, Nissan Kicks ini diperlihatkan dalam bentuk konsep pada Sao Paulo Auto Show 2014 di Brazil. Seperti dilansir carscoops, Kicks merupakan karya kolaborasi antara Nissan Amerika Serikat dan Brazil di bawah pengawasan pemimpin desain global pabrikan Jepang tersebut, Shiro Nakamura.

Bandingkan dengan Nissan Sway Concept yang akan menjadi pengganti hatchback March, bentuk Kicks dengan gril besar V-shaped dan headlights LED horizontal menunjukkan bahasa desain terkini Nissan. 

Spion, pilar A dan pilar C yang dihitamkan pun menimbulkan kesan atap mengambang atau floating roof. Bersama atap berwarna merah yang kontras dengan bodi, menambahkan kesan funky yang menunjukkan sisi fun-nya.

Namun bila beranggapan bentuknya kurang kontroversial seperti yang diimpresikan Juke di awal kemunculannya, Nakamura pun menjelaskan hal tersebut disengaja agar kesan fun to drive dibarengi kesan kendaraan yang serius juga.

Nissan belum membeberkan detail lebih lanjut soal mesin dan hal lainnya dari Kicks. Namun soal ukuran, sepertinya bisa berkaca dari versi konsepnya yang memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.600 mm dan wheelbase 2.620 mm.

Nissan Kicks (Belakang)
Bagian belakang Nissan Kicks, terlihat seperti X-Trail versi mini ya?

Lalu, apakah akan menjadi pengganti Nissan Juke? 

Belum ada keterangan lebih lanjut, namun rasanya tidak mungkin karena awalnya Kicks diciptakan untuk pasar Brazil, bukan untuk global. Namun yang kami tahu, Kicks lebih panjang 175 mm dan wheelbase-nya 90 mm lebih panjang dari Juke, yang berarti di pasar global pun akan diposisikan di bawah Qashqai.

Sebelumnya juga diberitakan calon pengganti Nissan Juke akan didesain dan direkayasa di Inggris untuk memenuhi selera Eropa dan dikonfirmasi akan diproduksi dengan platform baru CMF-B.

Kalau menurut anda bagaimana? Suka tidak kalau calon pengganti Nissan Juke terlihat seperti Kicks?

EDITOR

Bagja

Top