Selasa,20 Sept 2016 18:00 WIB

Penulis: Bagja

Oli Daihatsu Sigra Terlalu Encer, Enggak Takut Overheat?

Foto: Bagja

Daihatsu Genuine Oil

Jakarta - Pengguna Daihatsu Sigra bakal dimanjakan dengan oli mesin Genuine garapan Daihatsu yang sebenarnya punya spesifikasi mumpuni. Bahkan, bisa dibilang sangat encer dengan usungan 0W-20. Duh, enggak takut overheat?

Potensi mesin jadi overheat bisa terjadi ketika menggunakan oli encer. Apalagi kapasitas mesinnya kecil, jadi butuh kerja ekstra untuk menggerakkan mobil, ujungnya gesekan jadi lebih tinggi dan punya potensi menimbulkan panas berlebih.

Diperparah dengan kondisi lalu lintas kota besar yang didominasi kemacetan, maka mesin punya tugas lebih. Meski secara langsung oli tidak berpengaruh ke sistem pendinginan mesin, namun gesekan berlebih itulah yang punya potensi menimbulkan overheat.

"Tidak akan overheat, sudah kita uji kok. Tenang saja, justru spesifikasi seperti ini khusus untuk mobil modern seperti Sigra yang mesinnya sudah Dual VVT-i. Ini juga membuktikan kalau mesin buatan kami presisi, sehingga tidak masalah pakai oli encer," ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator ADM.

Keuntungan menggunakan oli encer ini, lanjut Anjar, mobil jadi mudah distater dalam kondisi dingin. Kinerja mesin lebih ringan, sehingga akselarasi lebih baik dan tentu saja makin irit bahan bakar.

"Memang dengan oli encer potensi gesekan berlebih bisa membuat panas mesin, tapi masih dalam toleransi kami. Tidak masalah. Selain itu, kan dijamin masa garansi sampai 3 tahun, oli termasuk juga lho," tutupnya. (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top