Selasa,4 Agust 2015 16:06 WIB

Penulis: bagja otomobil

Pakai Mesin Baru, Ini Mesin Grand New Veloz 1.5

Foto: kyn

Pakai Mesin Baru, Ini Mesin Grand New Veloz 1.5


Jakarta - Serupa tapi tak sama, kira-kira begitulah ketika OTOMOTIFNET membuka kap mesin Grand New Veloz 1.5 di salah satu dealer Toyota. Khusus model terbaru Grand New ini, Veloz terbagi dalam dua pilihan mesin, 1.3 liter dan 1.5 liter.

Kita coba mengintip yang bermesin 1.5 liter. Meskipun model sebelumnya juga tersedia Veloz 1.5, namun mesin yang digunakan berbeda. Veloz model lama mengusung tipe mesin 3SZ-FE VVT-i berkapasitas 1.495cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 104 dk dan torsinya 13,9 kgm.

Sedangkan mesin terbaru mengusung tipe 2NR-FE, Dual VVT-i berkapasitas 1.496cc. Mesin NR series ini sebenarnya bukan mesin baru. Sebelumnya, ini adalah mesin baru pertama Toyota yang dikembangkan selama lebih dari 8 tahun tanpa VVT-i, untuk mengurangi biaya produksi Toyota Etios dan kini digunakan untuk Toyota Avanza dengan Dual VVT-i.

Mesin ini bloknya terbuat dari alumunium dan memungkinkan saluran buang dikomputerize, karenanya disebut Dual VVT-i. Toyota membuat intake channel mesin ini lebih dinamis dengan permukaan yang lebih halus dan membulat agar aliran udara lebih lancar.

Piston juga dibuat lebih ringan dan menggunakan material carbon ceramide pada bodi piston dan dinding silindernya untuk mengurangi gesekan. Sebuah inovasi baru lainnya adalah integrasi dari exhaust manifold ke dalam kepala silinder untuk mengurangi emisi.

Dengan semua penyempurnaan tersebut, mesin baru ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 104 dk dan torsinya 139 nm. Tenaga yang dihasilkan masih sama, namun dengan efisiensi bahan bakar yang sepertinya lebih irit dan emisi gas buang lebih rendah.(mobil.otomotifnet.com)
Top