Selasa,24 Nov 2015 10:00 WIB

Penulis: otomotifnet.com

Pembuatan All New Kijang Innova Dibantu 100 Unit Robot

Foto: Bagja

Robot pembantu proses pembuatan All New Kijang Innova

Karawang - Salah satu kecanggihan pabrik tempat membuat All New Kijang Innova di Karawang Plant 1 Toyota Motor Manufacturing Indonesia 9TMMIN) adalah banyaknya robot-robot yang turut membantu pembuatan tiap-tiap unit All New Kijang Innova.

Bahkan, khusus untuk melahirkan the Legend Reborn generasi keenam Toyota Kijang ini TMMIN sampai harus mengucurkan investasi mencapai Rp 5 triliun untuk infrastruktur di pabrik. "Hampir 90 persen part baru," ujar Nandi Julianto, Direktur Karawang Plant TMMIN.

Khusus untuk Kijang Innova anyar ini pula, TMMIN sampai harus menambahkan robot-robot pembantu sebanyak 80 unit, sementara sejauh ini sudah terdapat sekitar 20 unit robot pembantu di fasilitas produksi Karawang Plant 1.

Tugas sang robot pun beragam, mulai dari pembuatan frame, bodi, sampai pengecekan bisa dilakukan. "Robot sangat berguna untuk menjaga tingkat kepresisian, yang tidak bisa 100 persen dilakukan manusia. Jadi bukan semata untuk menghemat biaya produksi, tapi lebih ke tingkat presisi, masalah kualitas," beber Nandi.

Karawang Plant 1 sendiri merupakan fasilitas tertua yang dimiliki Toyota, setelah kini punya Karawang Plant 2 dan Karawang Plant 3. Karawang Plant 1 bisa memproduksi mobil sebanyak 130 ribu unit pertahun. (Bagja)

EDITOR

advetorials

Top