Selasa,15 Des 2015 10:45 WIB

Penulis: bagja

Perang Duo HOT SUV Bakal Panaskan Awal Tahun 2016

Foto: ilustrasi

Toyota All New Fortuner vs Mitsubishi All New Pajero Sport

Jakarta - Kalau tahun ini pasar otomotif Tanah air diramaikan dengan peluncuran mobil berjenis MPV yang HOT, maka tahun 2016 bakal jadi tahunnya SUV? Coba saja lihat juga: Tahun 2016, Tahunnya SUV?

Nah, prediksi tersebut bakal diperkuat dengan rencana kelahiran duo HOT SUV yang dijamin bakal bikin panas awal tahun depan. Dua-duanya All new. Toyota All New Fortuner dan Mitsubishi All New Pajero Sport. 

Popularitas keduanya di Tanah Air sudah tidak perlu diragukan. Hanya tinggal masalah selera pembeli saja. Namun, semua ubahan yang ditawarkan pada model All New nantinya, bisa jadi bakal merubah semua konstalasi antara Fortuner dan Pajero Sport.

Kabarnya Toyota Fortuner bakal hadir lebih dulu pada Januari 2016, sementara Pajero Sport menyusul paling lama pada Maret 2016. Persiapan keduanya pun sudah dimulai dari sekarang. Mulai dari menghabiskan stok model saat ini, sampai persiapan produksi dan distribusinya.

Menariknya, kalau All New Fortuner siap diproduksi lokal di pabrik Toyota Plant 1 milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, sementara All New Pajero Sport sampai 2017 mendatang masih didatangkan dari Thailand, namun nantinya akan diproduksi lokal di Cikarang, Jawa Barat.

Sejumlah ubahan tersuguhkan pada kedua SUV HOT ini. Tampangnya semua berubah, mesin juga sudah berganti baru. Termasuk usungan fitur-fitur yang nantinya ditawarkan bakal lebih unik dan canggih.

Kalau melihat sepak terjang keduanya di tahun ini, Pajero sport boleh sedikit berbangga, karena berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Pajero Sport dengan jualan dari Januari sampai November sebanyak 9.984 unit unggul tipis dari Fortuner yang terjual sebanyak 9.577 unit pada periode yang sama.

Dengan model baru, apakah Pajero Sport bakal terus dan semakin mengungguli Fortuner? Atau malah sebaliknya, Fortuner berhasil 'balas dendam' dan unggul dari Pajero Sport. Kita nantikan saja. (Bagja)

EDITOR

Bagja

Top