Rabu,12 Okt 2016 15:00 WIB

Penulis: tim Otomotifnet

Transmisi Toyota Bermasalah

Platform Sama dengan Kijang Innova, Toyota Fortuner Bermasalah juga di Filipina

Foto: Rian/otomotifnet

All About All New Toyota Kijang Innova & All New Fortuner Keluhan Ini Bukan Akhir Segalanya

Jakarta - Problem seputaran transmisi baru pada All New Kijang Innova dan Toyota Fortuner yang dikeluhkan sejumlah pengguna ternyata tak hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah pemilik di Filipina juga mengeluhkan masalah yang sama.

Sebagai informasi, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selain memproduksi untuk suplai pasar domestik, juga memberangkatkan Toyota Fortuner ke Filipina. Dan disana, masalah yang terjadi diseputaran girbok pun miripn dengan di Indonesia.

Baca juga: Beberapa Pemilik All New Kijang Innova Mengeluh Soal Transmisi

Paling sering dikeluhkan jika pengguna menurunkan kecepatan dalam kondisi sports mode atau saat mobil menurunkan gigi. Umumnya perpindahan gigi pada kecepatan 35 hingga 80 kilometer perjam, perpindahan gigi kadang halus, kadang sangat kasar.

Beberapa pemilik berspekulasi hal ini diakibatkan oleh komponen elektronik yang salah mengkalkulasi perpindahan gigi pada saat digunakan, juga diakibatkan karena kopling torque converter yang lengket.

Toyota Motor Filipina menyebutkan bahwa sejauh ini masalah tersebut berhubungan dengan masalah peranti lunak saja, sehingga Toyota Filipina pun melakukan pemograman ulang di semua dealer nasionalnya 31 Agustus lalu. Solusinya pun sama, mulai dari remapping ECU hingga penggantian transmisi utuh.

Girboks yang bermaslah tersebut merupakan model terbaru, digarap Aisin berkode AWR6B45, berupa transmisi otomatis 6 percepatan. (otomotifnet.com)

EDITOR

Bagja

Top