Kamis,7 Jan 2016 12:15 WIB

Penulis: bagja

Rangka Alumunium Mulai Diandalkan Mobil Mewah

Foto: Rolls Royce

Rolls Royce kembangkan rangka aluminium

Jakarta - Mobil yang semakin ringan terus berusaha diciptakan pabrikan. Salah satunya menggunakan material yang lebih ringan dari biasanya. Contohnya aluminium yang mulai berani diterapkan untuk membuat rangka.

Bahkan, pabrikan mobil mewah sekelas Rolls Royce sudah mulai mengembangkan rangka barunya yang menggunakan bahan aluminium. Arsitektur Aluminium Space-frame, begitu Rolls Royce menyebutnya, akan menjadi fondasi untuk semua model Rolls Royce kedepannya.

Rolls-Royce-Project-Cullinan
Rolls Royce Project Cullinan bakal menggunakan rangka aluminium baru

Aplikasi rangka aluminium ini rencananya dimulai tahun 2018 dan dikatakan pabrikan Inggris ini, saat ini sudah masuk tahap pengujian diseluruh kawasan dunia, untuk menguji fleksibilitasnya menghadapi berbagai iklim dan kondisi.

Fase pengujian awal ini akan memastikan rangka aluminium ini benar-benar tetap dapat menerjemahkan sensasi khas 'Magic-carpet ride' Rolls Royce, sehingga nantinya dapat diterapkan secara optimal pada model-model kedepan dari Rolls Royce.

"Rolls-Royce Motor Cars telah memulai babak baru dalam proses pembuatan kendaraan mewah terbaik, ujar Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer dari Rolls-Royce Motor Cars. 

Rolls Royce
aluminium space frame bakal jadi andalan mobil masa depan Rolls Royce (ilustrasi)

Pengujian ini juga pastinya untuk mengetahui seberapa kaku kekuatan rangka ini dibandingkan material baja pada umumnya. Sebab, keunggulan bobot lebih ringan yang sudah didepan mata bakal sia-sia kalau secara ketahanan tidak lebih baik dari material yang sudah umum digunakan saat ini.

Namun optimisme tetap terpancar dari Rolls Royce. "Hari ini kami mengumumkan dimulainya pengembangan produk masa depan kami dengan serangkaian pengujian di seluruh belahan dunia. Arsitektur ini merupakan wujud investasi masa depan bagi merek besar kami.” tutupnya. 

EDITOR

Bagja

Top