Senin,9 Mei 2016 18:00 WIB

Penulis: Bagja

Sampai Kapan Menanti Model Baru Nissan Grand Livina yang Tak Kunjung Hadir?

Foto: Iday

Nissan Grand Livina facelift sudah hadir, tampil eksklusif di Yogyakarta

Jakarta - Gelaran LivinALife, di Yogyakarta akhir pekan lalu yang digelar Nissan Motor Indonesia (NMI) memberikan--sedikit saja--kejutan. Apalagi kalau bukan munculnya varian baru dari Nissan Grand Livina.

Namanya Nissan Grand Livina XV Highway Star. Nissan menyematkan 'nuansa' Highway Star pada tipe menengah dari low MPV andalannya ini, sehingga diharapkan harganya bisa lebih terjangkau.

"Ini merupakan versi di bawahnya Autech. Tersedia untuk transmisi manual dan otomatis," ujar Antonio 'Toti' Zara, Presdir NMI di sela-sela event Livinalife.

Sebenarnya, tak hanya soal harga jual yang membuat Nissan Grand Livina kurang dilirik masyarakat dibanding para kompetitornya seperti Avanza-Xenia, juga Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Seharusnya Nissan tau, ditengah panasnya persaingan segmen low MPV yang semakin beringas karena pasarnya terus menyusut, model baru--sekali lagi, model baru setidaknya bisa menjadi penawar kejenuhan masyarakat terhadap low MPV Nissan yang disegarkan terakhir sejak 2013 ini.

Ternyata, model baru yang dinanti-nanti pun tak kunjung tiba. Kejutan kecil Nissan di gelaran LivinAlife tersebut hanya menyodorkan varian baru, bukan model baru. Memang, dengan gaya Highway Star, harganya lebih terjangkau, tapi masyarakat melihat Nissan Livina ya tetap seperti itu.

Tampang sama sekali tak berubah, meski ada perbedaan pada grill, bodikit, sampai pelek mendapat nuansa Highway Star, juga pelapis jok, meski sayangnya tidak ada monitor pada atap seperti pada varian tertingginya itu. 

Apakah lantas kita kecewa? Ya sedikit. Setidaknya, masyarakat bisa disodorkan pilihan lain mobil low MPV yang punya harga sedikit lebih murah, tapi tampang dan fitur berkelas layaknya low MPV tipe termewah.

Tapi godaan dari para pesaingnya, seperti Grand New Avanza, great New Xenia, Honda Mobilio facelift sampai Suzuki Ertiga Dreza, tentu tak akan bisa dipalingkan begitu saja oleh para pemburu mobil keluarga disegmen low MPV.

Kalaupun Nissan bakal menghadirkannya tahun depan misalnya, diprediksi Nissan Grand Livina akan tetap tertinggal dari para kompetitornya. Sebab, bukan tidak mungkin ditengah kondisi pasar mobil saat ini, para pabrikan terus berlomba menawarkan yang baru guna memuaskan konsumen setiap tahunnya!

Sangat disayangkan sebenarnya. Entah karena belum mampu menghadirkan model baru, atau malah cenderung mendiamkan kondisi tertinggalnya Nissan saat ini disegmen low MPV, sehingga model baru Nissan Grand Livina tak kunjung datang.

Tapi, kalau sudah merasa cukup puas dengan kehadiran Nissan Grand Livina XV Highway Star mungkin kehadirannya di Yogyakarta tersebut sudah memberikan angin segar. Namun yang merasa kecewa, sampai kapan menanti hadirnya model baru Grand Livina, Nisan?

EDITOR

Bagja

Top