Selasa,12 Jan 2016 14:00 WIB

Penulis: bagja

Satu lagi MPV Bakal 'Mati' Karena Harga Jual

Foto: KIA

All New Carens

Jakarta - Satu lagi mobil keluarga berjenis MPV bakal tidak lagi dijual di Tanah Air. Kali ini datangnya dari pabrikan Korea, Kia Mobil Indonesia (KMI). Ya, MPV andalan mereka, All New Carens terpaksa harus dihentikan pemasarannya.

Memang belum ada keterangan resmi dari KMI, namun General Manager Group KMI Ridjal Mulyadi sudah mengutaraka indikasi KIA Carens akan dihentikan penjualannya, karena dianggap sudah tidak kompetitif lagi.

"Harga jual memang mendominasi saat kita harus bersaing dengan merek lain, dan sayangnya KIA Carens tidak kometitif dibanding yang lain," kata Ridjal.

All New KIA Carens dihadirkan sejak 2013, setelah sebelumnya juga sempat dipasarkan namun sempat vakum. Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melaporkan sepanjang tahun 2014 KIA Carens terjual sebanyak 150 unit, dan terus mengalami penurunan di tahun 2015 yang hanya terjual sebanyak 25 unit.

Melihat semua faktor tersebut, ditambah dengan belum stabilnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS, maka kemungkinan untuk vakum untuk kedua kalinya juga sepertinya hanya tinggal menunggu waktu. 

Website resmi KMI pun sejauh ini sudah tidak lagi menampilkan line-up KIA Carens, sehingga indikasi untuk tidak menjualnya lagi semakin kuat. Kedepannya, KMI mungkin hanya akan mengandalkan segmen citycar dengan KIA Picanto.

EDITOR

Bagja

Top