Jumat,12 Agust 2016 12:00 WIB

Penulis: Bagja

Selamat Tinggal Honda Freed, Siapkan Gantinya Honda?

Foto: Ilustrasi

Honda Freed

Tangerang - Setelah eksis sejak tahun 2009 di Indonesia, Honda Freed sepertinya tidak berumur panjang. Belum genap satu dekade, mini van andalan Honda ini sudah harus pensiun.

Meski ada Toyota Sienta yang bakal 'menemani' Honda Freed disegmen mini van, namun Honda Prospect Motor sepertinya kurang begitu tertarik. Bahkan, dikabarkan Honda Freed sudah stop produksi.

"Ya kurang lebih sejak Juni (2016) kemarin. Kita lihat kondisi pasarnya terus mengecil. Sebelumnya bisa seribu dua ribu, sekarang paling 500an. Jadi kata prinsipal stop saja," kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM kepada OTOMOTIFNET.

Honda Freed sendiri sempat menjadi primadona baru saat pertama dihadirkan. Sebuah mini van kompak dengan pintu geser yang kala itu diperuntukkan untuk generasi baru keluarga di Indonesia.

Pakai platform yang sama dengan Honda Jazz, bersama dengan mesin yang juga sama, membuat Honda saat itu tak ragu untuk memproduksinya secara lokal. Namun, seiring berganti tahun, tren pun bergeser, sehingga mobil boksi jadi kurang diminati.

Apakah langkah ini juga jadi sinyal kalau Honda sedang menanti model baru Honda Freed yang sudah hadir di Jepang? "Ah untuk itu masih kita pertimbangkan, apakah akan meneruskan Freed dengan model barunya, atau tidak. Prinsipal sejauh ini belum mengabari," tambah Jonfis.

Selamat tinggal Honda Freed, siapkan gantinya, Honda?

EDITOR

Bagja

Top