Rabu,13 April 2016 17:05 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung IIMS 2016

Semua Roda Toyota Sienta Sudah Dipasangi Rem Cakram

Foto: Bagja

Toyota Sienta sudah diperkenalkan

Jakarta - Tidak seperti Toyota All New Fortuner yang saat diluncurkan kemarin, hanya menyematkan sepasang roda depan dengan rem cakram, sementara roda belakang masih tromol. Namun untuk Sienta berbeda.

Ya, keempat roda Toyota Sienta sudah dipasangi rem cakram. Bahkan, juga dilengkapi dengan rem ABS, EBD dan BA. Ini berlaku untuk semua tipe, dari yang terendah E dan G (ring 15 inci) dan V dan Q (Ring 16 inci).

Keuntungan rem cakram dapat digunakan dalam berbagai suhu di saat panas ataupun dingin, sehingga kendaraan akan tetap optimal saat melakukan pengereman. Selain itu rem cakram juga tahan terhadap genangan air pada saat banjir menerjang.

Toyota Sienta
Rem Toyota Sienta sudah cakram

Rem cakram dilengkapi dengan ventilasi atau ventilated disk dan oli khusus untuk rem cakram. Keduanya berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada piringan cakram, sehingga proses pendinginan akan lebih maksimal saat terjadi gesekan akibat proses pengereman.

Rem cakram atau disk brake merupakan sistem rem yang bekerja dengan cara menjepit cakram yang telah dipasangkan pada roda kendaraan. Ketika proses pengereman dilakukan maka caliper yang digerakkan piston secara otomatis akan mendorong sepatu rem atau disebut dengan brake pads menuju cakram.

Namun, rem cakram juga memiliki kelemahan diantaranya seperti resiko kemasukan kotoran pada caliper rem cakram yang dapat menyebabkan piringan cakram tergores akibat kotoran yang menumpuk dan mengeras. (otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top