Kamis,3 Des 2015 20:45 WIB

Penulis: bagja

Siapa yang Termakan Honda BR-V, Toyota Rush atau Daihatsu Terios?

Halaman 1 dari 2

Foto: Bagja

Honda umumkan harga remsi BR-V

Jakarta - Honda Prospect Motor baru saja meluncurkan crossover tujuh penumpang terbarunya, Honda BR-V. Meski bergenre crossover, namun Honda mengatakan kalau BR-V masuk ke segmen low SUV di pasaran, yang artinya ada Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Selama ini kedua mobil tersebut mendominasi segmen low SUV, karena memang hanya mereka berdua saja yang selama ini eksis disegmen itu. Apalagi, kedua mobil kembar ini juga punya 'perjanjian khusus' agar keduanya tidak saling berkelahi di pasaran.

Namun Honda BR-V siap hadir. Coba untuk mengganggu dominasi duet kembar ini dengan sejumlah penawaran yang disodorkan. Bisakah Honda BR-V menggangu dominasi Rush-Terios? Kalau ternyata bisa, siapa yang bakal termakan oleh crossover terbaru Honda ini, Toyota Rush atau Daihatsu Terios?

Dari segi penawaran harga, Honda sebenarnya lebih berani dengan menempatkan Honda BR-V dengan kisaran harga yang 'beda tipis' dengan Toyota Rush. Honda menawarkan BR-V dengan harga termurah Rp 226,5 juta untuk tipe S M/T. Sedangkan tipe termahal Rp 261,5 juta untuk tipe Prestige. 

Sementara Toyota membanderol Toyota Rush paling murah Rp 228,7 juta untuk tipe G M/T dan paling mahal dibanderol Rp 252,250 juta untuk tipe TRD Sportivo A/T. 

Keduanya bersaing dari segi harga, dan sepertinya Honda BR-V berada diatas angin karena faktor 'kebaruan' yang diusungnya sebagai pendatang paling akhir disegmen low SUV. 

Nah, dengan kisaran harga yang mirip-mirip, kita hanya perlu mengetahui apa-apa saja yang ditawarkan kedua model beda merek ini. Seberapa menggiurkan penarawan yang ditawarkan Toyota Rush dan sejauh mana Honda BR-V bisa mengimbangi atau bahkan melebihi penawaran dari Toyota Rush.


Sama-sama bermesin 1.5 liter

Honda BR-V dibekali mesin yang sama dengan Honda Mobilio, berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 120 dk. Sementara Toyota Rush juga punya kapasitas mesin yang sama, berkapasitas 1.5 liter VVTi dengan tenaga 109 dk. Dari tenaga yang dihasilkan, Honda BR-V sedikit lebih unggul.

Pun begitu dengan tawaran transmisi untuk menyalurkan tenaga dari mesin. Honda BR-V disediakan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis CVT, sedang Toyota Rush transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Dimensi juga berpengaruh terhadap kapasitas di dalam kabin, baik penumpang maupun barang. Dengan daya tampung sama-sama tujuh penumpang, dimensi panjang Honda BR-V 4,45 meter sedikit lebih panjang dibanding Toyota Rush yang punya dimensi panjang 4,40 meter.

Dengan lebar 1,73 meter, Honda BR-V juga lebih lebar dari Toyota Rush yang punya catatan 1,69 meter. Sementara tingginya, dengan konsep crossover membuat Honda BR-V lebih rendah dari Toyota Rush, dengan perbandingan ukuran 1,65 meter untuk Honda BR-V dan 1,74 meter untuk Toyota Rush. Jadi secara dimensi, Honda BR-V lebih lebar dan lebih panjang, namun kalah tinggi dibanding Toyota Rush.

Dan karena keduanya mengusung mobil yang katanya bisa diajak kemana saja, tentu saja ground clearence menjadi hal penting. Meski hanya beda 1 mm, rasanya sah saja ketika Honda mengklaim ground clearence Honda BR-V tertinggi dikelasnya dengan ukuran 201 mm, sementara Toyota Rush 200 mm.

Selain lebih baru, Honda BR-V juga menawarkan banyak fitur yang tidak dipunya Toyota Rush. Sebut saja VSA (Vehicle Stability Assist), Hill Start Assist, juga fitur Nanoe yang membuat udara di dalam kabin tetap bersih. 

Baca juga: Fitur-Fitur Pada Honda BR-V

Baca juga: Toyota Rush Facelift, Ekstrak Toyota Fortuner Resmi Diluncurkan

 

Halaman 1 2

EDITOR

Bagja

Top