Senin,1 Agust 2016 15:00 WIB

Penulis: Bagja

Skandal 'Dieselgate'? VW Tetap Rajanya Mobil di Dunia

Foto: Istimewa

Logo VW

Jakarta - Masih ingat nama pabrikan raksasa dunia, Volkswagen yang sempat tercemar tahu lalu karena terungkapnya skandal 'Dieselgate'? Banyak pihak memprediksi skandal tersebut akan menghancurkan singasana VW sebagai raja mobil dunia.

Namun kenyataan berkata lain. Meski tersandung skandal 'Dieselgate', VW tetap bisa mempertahankan singasananya sebagai pabrikan yang paling banyak menjual mobil-mobilnya di sleuruh dunia, mengalahkan Toyota.

Dilansir Reuters, VW menjual 5,12 juta mobil sampai Juni 2016, sementara Toyota tertinggal di belakang dengan jualan sebanyak 4,99 juta mobil. Dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan VW naik 1,5 persen, dan penjualan Toyota turun 0,6 persen. 

Padahal skandal 'Dieselgate' sebagian besar sudah mempengaruhi penjualan mobilnya di Amerika, untungnya hanya salah satu pasar terkecil dari VW. VW malah mendongkrak penjualan di pasar utamanya, yakni China yang naik 6,8 persen dan Eropa naik 3,8 persen.

Toyota sudah empat tahun berturut-turut menjadi pabrikan mobil terlaris di dunia, setelah mengambil alih singasana General Motors. Namun kini pabrikan Jepang tersebut harus kembali menyerah dengan VW.

EDITOR

Bagja

Top