Rabu,2 Maret 2016 18:00 WIB

Penulis: Bagja

SUV Murah 7 Penumpang

SUV Murah 7 Penumpang, Daihatsu Terios jadi Sosok Nyata SUV Murah

Foto: Bagja

Eksterior dua warna terlihat paling mencolok, dengan atap dicat hitam, bukan tempelan stiker

Jakarta - Daihatsu Terios--sama dengan Toyota Rush, tak usah diragukan lagi kehandalan dan durabilitasnya. Sudah begitu, low SUV andalan Astra Daihatsu Motor (ADM) ini punya banderol yang lebih terjangkau dari dua pesaingnya, Toyota Rush dan Honda BR-V.

Tapi kalau begitu-begitu saja sejak tahun 2006 diawal pertama kali lahir, maka muncul kebosanan pada masyarakat. Namun siapa yang tidak mau, sebuah mobil dengan spesifikasi SUV, daya tampungnya 7 penumpang, harganya murah, maka Terios bisa jadi solusi yang sangat baik dalam hal ini.

Website resmi Daihatsu Indonesia membeberkan, Daihatsu Terios dibanderol paling murah seharga Rp 190,9 juta, artinya masih dibawah Rp 200 jutaan. Sedang tipe termahal banderolnya Rp 247 juta.

Bandingkan dengan kembarannya Toyota Rush yang banderol termurahnya Rp 234,5 juta, sedang tipe termahal dibanderol Rp 262,450 juta. Harga Rush ini bersaing tipis dengan Honda BR-V yang termurah seharga Rp 226,5 juta dan paling mahal Rp 261,5 juta.

Jadi Daihatsu Terios sebenarnya mobil yang paling value for money diantara pesaingnya Toyota Rush dan Honda BR-V. Apalagi ADM juga cukup jeli dengan menghadirkan edisi spesial Terios Custom, setidaknya sebagai pelepas dahaga kebosanan. Tampangnya pun makin menggoda dengan tambahan aksesori resmi Daihatsu. 

Sehingga, ADM punya pekerjaan rumah yang paling sedikit untuk menghadapi Honda BR-V. Salah satunya keuntungan sudah sejak awal mengusung konfigurasi 7 tempat duduk. Tampangnya pun sangat kental nuansa SUV, diperkuat dengan ban cadangan yang masih menjadi 'konde' di belakang--layaknya SUV sejati.

Harga jual paling murah juga modal yang sangat potensial bagi ADM agar Terios makin dilirik masyarakat. Toh faktanya, sejak lahir tahun 2006 sampai sekarang, angka penjualannya masih terus diatas 1.000 unit--tentu bukan jumlah yang sedikit.

Masyarakat memang masih membutuhkan mobil seperti ini, spesifikasi SUV, daya tampung MPV, dan harganya murah, tak heran Terios tetap konsisten sampai sekarang. Hanya tinggal bagaimana pabrikan menyesuaikan dengan perkembangan zaman untuk mengemas SUV bawahnya dengan baik.

Daihatsu bisa menyombongkan Terios kalau perlu. Seberapa unik Honda BR-V, kalau pada akhirnya sama sekali belum teruji zaman, seperti durabilitas Daihatsu Terios. Sudah begitu harganya jauh lebih murah, dengan fitur yang sebenarnya tak akan berbeda jauh. 

"Banyak yang bilang kalau SUV akan naik tahun ini, dan kami respon juga dengan jagoan kami yakni Terios. Kini Terios ada yang edisi spesial, untuk mereka yang berjiwa muda dan menyukai tantangan," ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM.

"Semua ubahan ini, termasuk harga yang kita tawarkan sudah memenuhi harapan konsumen. Jadi sudah sangat kompetitif," tambah Amelia sebagai penutup.

EDITOR

Bagja

Top