Selasa,26 April 2016 14:00 WIB

Penulis: Bagja

Suzuki Ertiga Diesel Siap Dipasarkan di GIIAS 2016

Foto: TYO/otomotifnet

Suzuki siap hadirkan Ertiga diesel di Indonesia

Jakarta - Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai berani melebarkan segmentasi pasarnya. Agak sedikit diluar kebiasaan, utamanya dalam pemilihan mesin. Kalau selama ini hanya mesin bensin yang dipasarkan, maka bersiap menyambut mesin diesel dari Suzuki.

Adalah Suzuki Ertiga yang akan disematkan mesin diesel. Selama ini SIS hanya memasarkan Suzuki Ertiga versi mesin bensin, padahal di India tersedia juga mesin diesel. Nah, Suzuki Ertiga diesel dikabarkan siap hadir di Indonesia.

Wacana kehadiran Suzuki Ertiga diesel sebenarnya sudah lama. Namun, banyak kendala yang harus diatasi SIS untuk bisa mulai memasarkannya. Salah satunya, kualitas bahan bakar solar yang tersedia di Indonesia.

Masalah solar sepertinya sudah selesai, utamanya ketika Pertamina baru saja meluncurkan Dexlite, sebagai solusi bahan bakar solar lebih berkualitas namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Seorang sumber OTOMOTIFNET yang membisikkan kalau suzuki Ertiga diesel akan dihadirkan SIS di Indonesia. "Ini sejarah baru, Ertiga diesel siap kita jual, mungkin di GIIAS sudah ada," bisik sang sumber.

Bicara kualitas mesin diesel Suzuki, terutama yang sudah dipasarkan di India, sudah sangat mumpuni, baik dari segi tenaga maupun efisiensi bahan bakar. Dibekali teknologi DDiS yang sudah terkenal, mesin diesel 1.3 liter tersebut bisa memproduksi tenaga mencapai 90 dk.

Suzuki Ertiga diesel
Perbandingan mesin bensin dan diesel pada Suzuki Ertiga

Meski tenaga yang dihasilkan jauh lebih rendah dari versi mesin bensin KB14B DOHC 4-silinder 1.400cc, namun usungan torsinya jauh melebihi versi bensin, yakni mencapai 200 Nm. Cocok untuk lalu lintas stop and go.

Lalu, apakah Suzuki Ertiga diesel akan booming di Indonesia? Kita nantikan saja sepak terjangnya! 

EDITOR

Bagja

Top