Jumat,22 Jan 2016 07:00 WIB

Penulis: bagja

Suzuki Ertiga 'Made In' Indonesia Senilai Rp 2 Triliun Siap Dieskpor ke Malaysia

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

Suzuki Ertiga

Jakarta - Kiprah Suzuki Ertiga sepertinya tak hanya di Tanah Air saja, karena negara tetangga pun sudah tertarik untuk juga memasarkan Suzuki Ertiga dari Indonesia. Ya, Malaysia siap mengimpor Suzuki Ertiga secara Completely Knocked Down (CKD) dari Indonesia.

Adalah PT Suzuki Indomobil Sales yang kejatahan untuk menyuplai mobil-mobilnya. Dikatakan Davy J. Tuilan, Deputi Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), sebanyak 1.500 unit Suzuki Ertiga siap dikirimkan ke Malaysia tahun ini.

"Suzuki rencana eskpor 1.500 unit perbulan seterusnya ke Malaysia. Ini berdasarkan prediksi sales yang disepakati. Setahun kira-kira 18 ribuan, atau setara Rp 2 triliun," kata Davy.

Nilai yang menggiurkan itu jugalah yang bikin SIS sumringah, sebab artinya menurut Davy sekaligus meningkatkan revenue SIS dua kali lipat dari biasanya. "Ini yang bikin kita happy, karena kita mendobelkan bisnis kita!," semangat Davy.

Jadwalnya sendiri direncanakan tahun ini juga, tepatnya pada Mei 2016, yang akan disuplai dari pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat. "Menggunakan fasilitas yang sudah ada saja, kapasitasnya kan bisa 5.000-an unit," tutup Davy.

Untuk saat ini, pabrik di Cikarang memproduksi Suzuki Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan ekspor, dan mesin Ertiga (K14B / 1.400cc) & Karimun Wagon R (K10B/ 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat.

Ini bukan kali pertama SIS mengekspor Suzuki Ertiga. Sebelumnya, Suzuki Ertiga sudah menyambangi Vietnam, Filipina, Thailand dan Brunei.

EDITOR

Bagja

Top