Jumat,4 Sept 2015 18:12 WIB

Penulis: bagja otomobil

Suzuki Luncurkan MPV Imut Solio

Foto: indianautosblog

Suzuki Luncurkan MPV Imut Solio


Tokyo - Suzuki meluncurkan MPV Imut terbarunya, Suzuki Solio di Jepang. Ditawarkan dalam dua tipe, yakni Solio dan Solio Bandit. Suzuki Solio terbaru hadir dengan sejumlah ubahan serta penambahan fitur-fitur terbaru.

Suzuki Solio menggunakan platform ringan baru, yang punya dimensi panjang 3,7 meter, lebar 1,6 meter dan tingginya 1,7 meter. Wheelbase pun diperpanjang 30 mm menjadi 2.515 mm. Asiknya, dengan platform baru, bobot tubuhnya terpangkas sampai 100 kg.

Suzuki Solio sebenarnya mirip dengan Karimun Wagon R, hanya saja punya tampang lebih elegan dan berkesan mewah. Grill barunya yang berlabur krom makin tebal, desaon lampu, sampai bumper yang dibuat bergaya van premium.

Sementara Suzuki Solio Bandit, hanya ditambahkan beberapa aksesori pada eksterior dan interiornya, dengan kesan lebih adventure. Lampu LED juga sudah tersemat pada varian ini, termasuk lingkar pelek 15 inci.

Masuk ke dalam kabinnya, kita disuguhkan dengan ruang kemudi multi fungsi, ruang kepala yang lebih tinggi, dan sistem navigasi layar sentuh terintegrasi dengan sistem infotainment berupa layar 7 inci. 

Sektor mesin ternyata juga turut berubah. Dikatakan Suzuki, mini MPV ini pertama kali menggunakan teknologi Hybrid Mild dari Suzuki. Sumber tenaga berasa dari mesin K12C berkapasitas 1.2 liter Dual Jet yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 89,7 dk dan torsinya 118 nm. Mesin ini dipadankan dengan transmisi CVT.

Sementara sistem hybrid mendapat starter generator terintegrasi, baterai lithium-ion, stop-start system dan sistem regenerative breaking. Hasilnya adalah efisiensi bahan bakar diklaim tembus 27,8 kpl saat diuji di Jepang.
 
Beberapa fitur keselamatan dapat ditemukan dalam penawaran baru ini seperti Lane Departure Warning, dual camera brake support system, Emergency Stop Signal, ABS dan ESP. (mobil.otomotifnet.com)
Top