Kamis,6 Agust 2015 17:04 WIB

Penulis: bagja otomobil

Suzuki S-Cross Akhirnya Diluncurkan, Kapan ke Indonesia?

Foto: Indianautosblog

Suzuki S-Cross Akhirnya Diluncurkan, Kapan ke Indonesia?


New Delhi - Maruti Suzuki di India resmi meluncurkan hatchback andalan terbarunya, yang disebut-sebut sebagai pengganti Suzuki SX4, yakni Suzuki S-Cross. Setelah India, apakah Suzuki INdomobil Sales juga akan memboyongnya ke Indonesia?

Maruti Suzuki menyuguhkan dua pilihan mesin diesel dan 7 varian tipe untuk Suzuki S-Cross, dengan banderol harga di India mencapai Rp 176 jutaan untuk varian tipe terendah. Kalau masuk Indonesia, atau kalaupun akan dirakit lokal di Indonesia, banderolnya kira-kira bisa mencapai Rp 200 juta sampai Rp 250 jutaan.

Varian tipe standar, Suzuki S-Cross sudah menawarkan mesin berkapasitas 1.3 liter DDiS 200. Mesin diesel ini sanggup memproduksi tenaga sebesar 89 dk dan torsinya 200 nm. Mesin 1.3 liter ini disangding dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Klaim ARAI, sebagai lembaga pengujian bahan bakar di India, konsumsi bahan bakarnya tergolong irit. Suzuki S-Cross 1.3 diesel hanya butuh 1 liter solar untuk jarak sejauh 23,65 km.

Kalau mau lebih bertenaga, pilih mesin diesel yang satu lagi, yakni berkapasitas 1.6 liter DDiS 320. Asiknya mesin ini juga sudah disokong variable geometry turbocharger, seperti Toyota Fortuner VNT maupun Mitsubishi Strada Triton VGT. Sehingga wajar kalau tenaga yang diproduksinya bisa mencapai 120 dk dan torsinya 320 nm.

Asiknya, meski jauh lebih bertenaga, namun konsumsi bahan bakar yang diminum hanya beda tipis dengan Suzuki S-Cross bermesin 1.3 liter diesel. Klaimnya, Suzuki S-Cross 1.6 liter diesel bisa menempuh jarak sejauh 22,7 km untuk 1 liter solar. 

Suzuki S-Cross di India sudah dilengkapi dengan rem ABS untuk semua roda, dan dual airbag sebagai fitur standar. Sementara fitur lainnya meliputi Electric folding ORVMs, AC otomatis, sandaran tangan di kursi belakang, cruise control, sensor hujan pada wiper, sistem smartplay infotainment, tombol start/stop, parcel tray, projector headlamp otomatis, dan pelek berdiameter 16 inci.

Jadi berharap Suzuki Indomobil Sales merealisasikan rencananya menghadirkan penerus Suzuki SX4 ini di Tanah Air, apalagi kalau varian diesel ini juga dijual di Indonesia. Bagaimana? (mobil.otomotifnet.com)
Top