Rabu,3 Feb 2016 14:30 WIB

Penulis: Bagja

Tematis MPV Murah 7 Seater

Tematis MPV Murah 7 Seater: Dua Pilihan Mesin MPV Murah Toyota-Daihatsu

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

Mesin Toyota Etios

Jakarta - Toyota-Daihatsu punya keuntungan dalam menawarkan usungan mesin untuk MPV murah 7 seater yang kabarnya akan dihadirkan tahun ini juga. Sama sekali belum ada bocoran, termasuk pilihan mesin yang akan disematkan.

Namun, OTOMOTIFNET coba memberikan gambaran mesin apa yang nantinya bakal disematkan untuk calon duet kembar keempat dari Toyota-Daihatsu ini. Kedua merek ini punya keuntungan pilihan mesin yang beragam yang sudah tersedia, hanya tinggal disematkan.

Kalaupun harus masuk regulasi LCGC, dimana terdapat regulasi motor bakar cetus api dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.200 cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit 20 kilometer per liter atau bahan bakar lain yang setara dengan itu.

Pilihannya, untuk Daihatsu bisa menggunakan mesin Daihatsu Xenia 1.0 liter. Samakah dengan Daihatsu Ayla? Beda! Untuk mengkonversi bobot yang lebih berat karena dimensi yang bertambah, diharapkan teknologi VVT-i pada mesin Xenia bisa membantu pencapaian konsumsi bahan bakar diatas 20 kpl.

MPV Murah 7 Seater
Mesin Daihatsu Xenia 1.0 liter VVT-i

Seperti kita tau, mesin Daihatsu Ayla yang berkapasitas 1.0 liter tanpa VVT-i konsumsi bahan bakarnya sudah tembus 20 kpl. Dan untuk MPV 7 seater, penambahan teknologi VVT-i dirasa cukup untuk membantu konsumsi bahan bakarnya memenuhi regulasi LCGC. Pengaturan gas masuk yang sudah diatur komputer, membuat semprotan bahan bakar ke ruang mesin lebih presisi, efeknya konsumsi bisa lebih irit.

Lalu bagaimana dengan Toyota? Bisa pakai mesin 3 NR-FE Toyota Etios yang berkapasitas 1.2 liter. Dengan tenaga 80 dk, tentu sudah cukup untuk sebuah MPV. Mesin ini juga biayanya tidak terlalu mahal karena belum disematkan teknologi VVT-i. Sudah begitu, dibuat lokal di Indonesia.

Itu baru skema menurut OTOMOTIFNET. Namun untuk pilihannya nanti, bisa saja baik Daihatsu atau Toyota menawarkan kedua pilihan mesin tersebut sekaligus, seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang punya dua pilihan mesin.

 

Spesifikasi mesin pilihan pertama:

Tipe            : 3 NR-FE 4 silinder DOHC
Kapasitas    : 1.197cc
Tenaga        : 80 dk pada 5.600 rpm
Torsi           : 10,6 kgm pada 3.100 rpm


Spesifikasi mesin pilihan kedua:

Tipe            : EJ-VE 3 silinder DOHC VVT-i
Kapasitas    : 989cc
Tenaga        : 63 dk pada 5.600 rpm
Torsi            : 9.2 kgm pada 3.600 rpm

EDITOR

Bagja

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top