Senin,28 Maret 2016 10:15 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung Bangkok International Motor Show 2016

Thai Rung Transformers II, Toyota Hilux Disulap jadi Mobil Nasional Thailand

Foto: Bagja

Thai Rung Transformers II

Bangkok - Mobil ini jujur saja mencuri perhatian OTOMOTIFNET saat menelusuri venue Bangkok International Motor Shio (BIMS) 2016. Bagaimana tidak, tampangnya saja sudah mengingatkan kita pada mobil khas militer yang memang menjadi bagian dari pemerintah Thailand saat ini.

Sekilas tampang luarnya seperti Hummer. Lengkap dengan desain serba kotak, dan ban besar khas mobil penjelajah. Tapi namanya unik,. Thai Rung nama pabrikannya, sedang nama mobilnya Transformers II, artinya sudah pengembangan kedua dari jenis ini.

Thai Rung Transformers II
Thai Rung Transformers II sebagai mobil tempur

Sebenarnya mobil ini bisa terwujud berkat industri karesori Thailand. Sedangkan rangka dan mesin, Thai Rung membeli lisensi dari beberapa pabrikan besar, Isuzu, bahkan khusus untuk Transformers II ini sebuah rangka dan mesin Toyota Hilux.

Thai Rung Transformers II
Kabin Thai Rung Transformers II berisi dasbor Toyota Hilux

Ini pun diketahui OTOMOTIFNET ketika melongok kabinnya dan ternyata ada dasbor Hilux terbaru di dalamnya. Ketika kap mesinnya dibuka, juga terdapat mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.4 liter. Ada dua tipe, 4x2 AT dan 4x4 MT.

Thai Rung Union Car Plc yang didirikan pada 1967 oleh Vichien Phaoenchoke merupakan perusahaan karesori. Awalnya perusahaan ini bernama Thai Rung Engineering Co. Ltd., yang melakukan desain dan konversi mobil pikap Isuzu. 

Thai Rung Transformers II
Thai Rung Transformers II

Perusahaan kemudian berganti nama menjadi Thai Rung Union Car Co. Ltd. pada 1973, dan kemudian melantai di bursa saham Thailand pada 1994 lalu.

Phaoenchoke mulai memikirkan kendaraan yang khusus untuk Thailand. Dia mengonversi mobil pikap truk Isuzu menjadi sebuah station wagon dengan merek TR pada 1979.

Sejak itu, Thai Rung mulai memproduksi MPV 7 penumpang. Total dari 1979 sampai saat ini, Thai Rung sudah memproduksi lebih dari 12 model yang berbeda.

EDITOR

Bagja

Top