Senin,21 Des 2015 17:15 WIB

Penulis: bagja

THROWBACK 2015: Legenda yang Lahir Kembali di Tengah Kesuraman Pasar

Foto: TAM

All New Kijang Innova, The Legend Reborn

Jakarta - 'The Legend Reborn'. Begitu Toyota mengkampanyekan rencana kelahiran kembali Toyota Kijang Innova. Untuk yang satu ini, memang terbilang masih hangat, karena baru 23 November 2015 lalu diluncurkan. Namun tetap saja, kelahirannya menjadi momentum penting kiprah Toyota kedepan.

All New Kijang Innova
Peluncuran All New Kijang Innova

Toyota Kijang, empat dekade lebih berkiprah di Tanah Air, dari jamannya pikap kotak sampai yang sekarang disebut-sebut menyerupai Toyota Alphard dalam urusan fitur dan kenyamanan. Ya, Toyota terus mempertahankan eksistensi dari 'si tiada duanya' Toyota Kijang.

Meski sudah dipuaskan dengan lahirnya Grand New Avanza, untuk segmen diatasnya, rencana lahirnya All New Kijang Innova sempat membuat ramai industri otomotif. Pabrikan lain yang sudah punya pesaingnya dibikin gregetan, sementara yang belum punya pesaing silakan gigit jari.

All New Kijang Innova
Tampak belakang All New Kijang Innova

Tampang berubah, fitur semakin lengkap, bahkan mesin pun ikut dirubah Toyota. All New Kijang Innova benar-benar seperti lahir kembali, dari nol. Publik hanya disisakan nama besar Toyota Kijang, dan dipaksa move on dari sosok Kijang Innova sebelumnya.

Padahal saat diluncurkan, kondisi pasar otomotif sedang lesu. Banyak masyarakat wait and see untuk membeli mobil, sehingga berdampak pada menurunnya penjualan mobil secara keseluruhan.

Baca juga: All New Kijang Innova, The Legend Reborn Resmi Diluncurkan

Namun Toyota tetap meluncurkan All New Kijang Innova. Juga dengan banderol 'baru' yang dianggap tidak mempedulikan kondisi perekonomian. Berbekal rasa percaya diri kalau konsumennya loyalis, harga tertinggi All New Kijang Innova mencapai Rp 400 jutaan lebih. 

Tipe lama, yakni J dan E dihilangkan, sehingga tipe G menjadi tipe terendah dengan usungan fitur yang tentu saja tidak sama dengan tipe J masa lampau. Kemudian, ditambahkan tipe Q sebagai tipe baru, sekaligus tipe tertinggi.

All New Kijang Innova
Kabin baru All New Kijang Innova

Tapi sampai pada penghujung tahun, laris juga. Dibeli juga, karena sudah kadung terpikat dengan pesona baru MPV menengah andalan Toyota ini. Saat ini, Kijang Innova menempati posisi kelima pada daftar mobil terlaris sepanjang tahun 2015 ini. Cukup lumayan.

Kalau banyak orang mengatakan tahun 2015 merupakan tahunnya mobil MPV, bisa jadi itu benar dengan penegasan lahirnya Avanza-Xenia, ditambah dengan lahirnya sang legenda All New Kijang Innova. (Bagja)

EDITOR

Bagja

Top