Selasa,22 Des 2015 15:30 WIB

Penulis: bagja

THROWBACK 2015: Mobil Baru untuk Indonesia yang Muncul Duluan di Jepang

Foto: TAM

All New Kijang Innova, The Legend Reborn

Jakarta - Tahun 2015 dijadikan beberapa APM (khususnya merek Jepang) untuk menggoda konsumen soal produk terbarunya yang siap dipasarkan di Tanah Air. Bahkan, beberapa mobil baru yang sama sekali belum muncul di Indonesia, sudah lebih dulu dimunculkan di Jepang.

Adalah gelaran Tokyo Motor Show 2015 yang menjadi momentumnya. Selain menampilkan mobil-mobil konsep global, beberapa APM sekaligus mengajak media untuk melihat dan bahkan mencoba mobil-mobil baru yang nantinya akan dijual di Indonesia.


All New Kijang Innova

All New Kijang Innova
All New Kijang Innova

Ada satu mobil yang bahkan saat ini sudah dijual di Tanah Air. Yakni, All New Kijang Innova. Ya, kala itu sekitar medio akhir Oktober 2015, disaat bocoran dan prediksi Toyota All New Kijang Innova sedang ramai-ramainya.

Beberapa media nasional di Jepang (termasuk OTOMOTIFNET) diajak untuk mengenal lebih dekat the Legend Reborn tersebut. Bahkan, duduk manis di kursi penumpang depan untuk disupiri. 

Momen tersebut adalah pertamakalinya jurnalis Indonesia mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan All New Kijang Innova. 


Toyota Sienta

Toyota Sienta Pesaing Honda Freed Resmi Meluncur
Toyota Sienta Pesaing Honda Freed Resmi Meluncur

Masih merek Toyota. Selain All New Kijang Innova, disuguhkan juga Toyota Sienta. OTOMOTIFNET bahkan sempat masuk ke dalam kabin MPV yang bakal menjadi pesaing Honda Freed di pasar otomotif Tanah Air ini.

Toyota Sienta dikabarkan akan hadir di Indonesia pada Januari 2016, yang akan mengisi celah antara Grand New Avanza dan All New Kijang Innova. Tampil dengan gaya desain terbaru, utamanya penggunaan pintu model geser seperti Honda Freed.

"Mesin Avanza terbaru ini merupakan yang terbaik, digunakan secara global dan di Jepang sendiri, juga digunakan pada Toyota Sienta," ungkap Kazuhiko Yamashita, Chief Engineer Toyota Avanza.

Toyota Sienta dan Toyota Avanza ternyata menggunakan mesin yang sama, NR series berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini tergolong fleksibel karena bisa dijejalkan teknologi pendukung kinerjanya, sebut saja DUal VVT-i yang baru saja disematkan pada Toyota Avanza misalnya.

 

Honda BR-V

Honda BR-V
Honda BR-V saat dijajal di Jepang

Crossover tujuh penumpang terbaru dari Honda ini juga dihadirkan di Jepang dan di coba di sirkuit oleh beberapa jurnalis dari Indonesia (termasuk OTOMOTIFNET). Memang versi prototipe dari Honda BR-V sudah muncul di pameran otomotif nasional Agustus 2015 lalu, namun versi produksinya baru pertama hadir di Jepang.

Honda BR-V yang merupakan hasil olah rekayasa dari Honda Mobilio, menawarkan mobil yang lebih advance dalam menghadapi segala medan. Dibuat bergaya crossover, namun dengan kapasitas tujuh penumpang yang membuatnya menjadi mobil multifungsi.

Mesinnya juga sama dengan Honda Mobilio, berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang dipadankan dengan transmisi otomatis CVT.

Honda akan mulai meluncurkan dan mendistribusikan Honda BR-V pada Januari 2016 mendatang.

 

Datsun GO-Cross

Datsun GO Cross
Datsun GO Cross

Penampakan perdananya baru dilakukan langsung di Yokohama, Jepang yang dihadiri OTOMOTIFNET. Inilah model ketiga dari Datsun yang akan hadir di Indonesia pada tahun depan.

Desain wajah depannya dibuat tidak terlalu berbeda, hanya beberapa detail seperti pelindung bumper dan over fender yang dihilangkan, sehingga terkesan lebih bersih pada versi produksi massal. Sementara desain lampu, forglamp, tetap dibiarkan sama dengan versi konsep.

Mobil ini mengusung tema 'cool cross over' yang memberikan nuansa baru dari gaya petualang dan menyenangkan di line up-nya. Dirancang untuk mempertemukan kebutuhan dan keperluan generasi baru pengendara. Yaitu, muda, bersemangat, suka bersenang-senang dan selalu berusaha mengejar impiannya dan butuh sesuatu yang beda.

 

All New Pajero Sport

All New Pajero Sport
All New Pajero Sport

Satu lagi mobil yang tak kalah hot muncul melalui sosok SUV. Andalan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) ini hadir dengan ubahan radikal yang membuat sosok lamanya menghilang. 

Ya, All New Pajero Sport yang bakal hadir awal tahun 2016 di Indonesia, sudah lebih dulu dimunculkan di Jepang. Beberapa jurnalis diajak untuk mencicipi performanya di medan offroad, kawasan Fujigane, Jepang.

Pajero Sport masih diimpor dari Thailand yang sudah lebih dulu memasarkan, namun mulai tahun 2017 akan diproduksi lokal di Cikarang, Jawa Barat.

(Bagja)

EDITOR

Bagja

Top