Jumat,12 Agust 2016 11:20 WIB

Penulis: Domas

Toyota Calya Taklukan Tanjakan Ekstrem Gunung Bromo

Foto: Domas

Toyota Calya menuju kawasan Gunung Bromo

Probolinggo - Belum launching secara resmi tapi Auto2000 Jawa Timur sudah berani memberikan kesempatan emas bagi para jurnalis untuk merasakan sensasi perdana mobil LCGC 7 seater andalan Toyota Astra Motor(TAM) Toyota Calya.

Tidak tanggung-tanggung, mobil dengan kode mesin 3NR, 1.200cc, 4 silinder 16 valve DOHC, dual VVT-i ini diajak menaklukkan tanjakan ekstrem gunung Bromo melewati jalur Probolinggo (6/8). “Kami siapkan 9 mobil Toyota Calya untuk test drive para awak media,” beber Iksir Imanuwel, Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya.

OTOMOTIFNET kebagian Toyota Calya tipe G bertransmisi automatic. Kesan pertama pada eksteriornya adalah bakalan aman saat di ajak manuver di jalan bergelombang. Pasalnya ground clearance cukup tinggi.

Begitu masuk dan duduk di kursi supir, mata langsung dimanjakan dengan desain dashboard yang sederhana tapi elegan karena permainan two tone. Lebih lagi legroom cukup lega karena posisi tuas persneling ada di dashboard.

Berangkat dari Auto2000 Wiyung, Toyota Calya melakukan perjalanan dengan kawalan PJR. Cukup kaget ternyata mobil yang bakal launching saat GIIAS 11/8 ini punya peredam kabin yang cukup baik. Beda dengan adiknya Toyota Agya. Kabin lebih senyap dari yang dibayangkan.

Perjalanan 4 jam hingga sampai ke kaki gunung Bromo. Perjalanan sesungguhnya pun dimulai. Naik turun, jalanan terjal hingga jalan rusak yang penuh lubang dan pasir bekas erupsi beberapa waktu lalu mudah saja dilewati.

Cukup taruh tuas persneling di posisi 3 atau 2, Toyota Calya yang berisi 4 orang dewasa lancar naik tanpa hambatan. 

Hingga sampai puncak di kawasan Lava View Lodge, mobil yang akan dibanderol antara Rp 140 juta – Rp 160 jutaan untuk wilayah Jatim ini tiba dengan selamat. (otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top