Selasa,3 Mei 2016 13:00 WIB

Penulis: Bagja

Toyota Siapkan Mobil Hidrogen Lebih Murah dari Mirai

Foto: Toyota

Mobil Hidrogen Murah Toyota

Jakarta - Toyota dikabarkan sedang membuat versi lebih 'hemat' dari Toyota Mirai, mobil yang bisa melaju dengan bahan bakar hidrogen. Bakal dinamakan Mirai c, mobil ini lebih kecil, juga lebih murah dari Mirai FCV.

Dirancang dari sekarang agar bisa hadir tahun 2019 mendatang, seperti dilansir Asahi Shimbun. Positioningnya nanti bisa setara dengan Toyota Prius C. Perbandingan harganya, pada kisaran harga 5,5 juta Yen, sedangkan Mirai FCV saat ini dijual 7,2 juta Yen.

Saat diluncurkan, Toyota dikabarkan mengincar penjualan tahunan global lebih dari 30.000 unit yang lebih terjangkau, dikabarkan disebut Mirai c.

Sementara itu, komponen khusus dari Mirai saat ini seperti tangki hidrogen dan generator listrik adalah alasan utama di balik biaya yang lebih tinggi. Karenanya, Toyota akan mencari solusi untuk mengurangi biaya produksinya dengan merevisi komponen dan prosedur manual untuk produksinya.

Dengan peraturan lingkungan semakin ketat terutama di pasar-pasar utama seperti Amerika Serikat dan China, Toyota dikatakan mendorong standarisasi kendaraan sel bahan bakar hidrogen untuk mengambil alih dominasi mobil hybrid.

EDITOR

Bagja

Top