Sabtu,16 April 2016 11:15 WIB

Penulis: Bagja

Laporan Langsung IIMS 2016

Toyota Sienta Dipaksa Bisa Angkut Tujuh Penumpang

Foto: Harryt

Toyota Sienta berkapasitas tujuh penumpang 'maksa'

Jakarta - Toyota Sienta hadir di Indonesia sebagai mobil keluarga yang diklaim khas masyarakat Indonesia. Yakni, punya kapasitas penumpang sebanyak mungkin. Umumnya, tujuh penumpang menjadi idola di Tanah Air.

Karenanya, meski aslinya di Jepang sana Toyota Sienta dirancang sebagai mobil berkapasitas lima penumpang saja, namun khusus untuk pasar Indonesia pertama kalinya Toyota Sienta bisa dimuati tujuh orang.

Toyota Sienta
Kursi baris ketiga Toyota Sienta

Namun tetap ada catatan tersendiri. Jangan berharap ruang kursi paling belakang jadi lapang, karena juga harus berbagi selain dengan kursi baris kedua di depan, juga dengan kapasitas bagasi di belakang.

Penerapan kursi baris ketiga pada Toyota Sienta ini juga harus memakan sebagian kapasitas bagasi. Saat OTOMOTIFNET mencoba pakai galon air, hanya tiga galon yang bisa ditampung bagasi Toyota Sienta. 

Padahal, Toyota Avanza atau mungkin lawannya Honda Freed, bisa menampung lima galon air, meski terdapat tiga baris kursi. 

Toyota Sienta
Kapasitas bagasi jadi berkurang karena kursi baris ketiga

Secara dimensi antara Sienta, Freed dan Avanza sebenarnya sebelas dua belas.Meski kalau menurut hitungan angka, jelas beda antara Toyota Sienta, Toyota Avanza, dan Honda Freed. 

Sederhananya, Sienta lebih panjang dan rendah, sementara Freed lebih lebar dan tinggi. Bahkan, Avanza ternyata kalah panjang dari Sienta, tapi jarak antar kursi dan kapasitas bagasi bisa lebih besar.

Toyota Sienta 
Panjang 4.235 mm 
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.675 mm

Honda Freed 
Panjang 4.215 mm
Lebar 1.700 mm 
Tinggi 1740 mm 

Toyota Avanza
Panjang 4.190 mm 
Lebarnya 1.660 mm 
Tinggi 1.695 mm

Nah, sekarang kita coba kenyamanan duduk pada kursi baris ketiganya. oiya, tinggi badan OTOMOTIFNET 168 cm. Secara tampilan, kursinya memang terlihat menyedihkan. Terkesan kurus dan tipis, mungkin untuk memaksimalkan ruang. 

Toyota Sienta
dengkul mentok kursi baris kedua meski sudah dimajukan

Tapi memang tidak terlalu mengganggu, kursi tetap terasa lembut saat diduduki. Dan meski telapak kaki bisa sampai lantai, namun lutut yang tertekuk sampai menempel pada sandaran kursi baris kedua, yang sudah mentok dimajukan.

Jadi, untuk penumpang dewasa bakal keawalahan nih duduk paling belakang di Toyota Sienta. Untuk anak-anak boleh lah. Tapi kalau untuk daya tampung tujuh penumpang dewasa, rasanya terlalu maksa bro, cobain deh!

EDITOR

Bagja

Top