Kamis,13 Agust 2015 15:02 WIB

Penulis: bagja otomobil

Toyota Sienta Pakai Mesin Grand New Avanza

Foto: Toyota

Toyota Sienta Pakai Mesin Grand New Avanza


Jakarta - Beberapa waktu sebelum peluncuran Grand New Avanza kemarin (12/8), di Jepang Toyota baru saja meluncurkan Toyota Sienta yang disebut-sebut bakal dihadirkan di Indonesia. Menariknya, Toyota Sienta ternyata menggunakan mesin Toyota Avanza!

"Mesin Avanza terbaru ini merupakan yang terbaik, digunakan secara global dan di Jepang sendiri, juga digunakan pada Toyota Sienta," ungkap Kazuhiko Yamashita, Chief Engineer Toyota Avanza.

Toyota Sienta dan Toyota Avanza ternyata menggunakan mesin yang sama, NR series berkapasitas 1.5 liter. Mesin ini tergolong fleksibel karena bisa dijejalkan teknologi pendukung kinerjanya, sebut saja DUal VVT-i yang baru saja disematkan pada Toyota Avanza misalnya.

Sementara Toyota Sienta, dari mesin yang sama disematkan teknologi VVT-IE (variable valve timing cerdas dengan motor listrik). Juga sudah terdapat Cooled EGR (Exhaust Gas Recirculation). Mesin ini bertenaga 108 dk.

Toyota Sienta kalau benar masuk Indonesia akan diposisikan diatas Toyota Avanza dan akan menjadi pesaing Honda Freed. Karena memang berjenis MPV, juga dengan pintu model geser. (mobil.otomotifnet.com)
Top